Sistem Informasi Pelayanan Terapi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Berbasis Website pada Amanah Tins Center

Authors

  • Mohamad Dachlan Universitas Nusa Mandiri
  • Setiaji Setiaji Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i2.1826

Keywords:

Perancangan, Sistem Informasi, Data, Web

Abstract

Amanah Tins Center merupakan tempat praktek bersama, dimana beberapa terapis dan psikolog berpraktek mandiri. Amanah Tins Center menangani gangguan tumbuh kembang anak dan remaja diantaranya: Autis, Down Sydrome, Speech Delay, Global Developmental Delay, ADHD dan lain-lain. Saat ini pelayanan di Amanah Tins Center untuk pasien baru, datang ke klinik untuk mengisi form pendaftaran dan melaksanakan assessment, semua proses ini masih menggunakan manual yaitu dengan cara mencatatnya di buku. Petugas sering mengalami kesulitan dan keterlambatan dalam membuat rekapitulasi data pasien karena data harus melakukan pencarian dari buku pasien dan lembaran dokumen lainnya. Hal tersebut tentunya kurang efektif dan efisien, sehingga menyebabkan beban waktu kerja bertambah, penyajian informasi yang cukup lama dan risiko hilangnya data-data. Disini peneliti mengusulkan perancangan sistem informasi pelayanan terapi berbasis web. Untuk tahapan desain Software Architecture dengan memodelkan sistem dirancang menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) dan LRS (Logical Record Structure ) , Unified Modeling Language (UML). Menggunakan bahasa pemrograman PHP ( Personal Home Page ) dan Framework CodeIgniter dalam membuat script coding program. Dengan adanya web ini maka dapat meningkatkan fungsi tempat praktik tumbuh kembang anak di Klinik Tumbuh Kembang Anak ATC Jakarta dalam membantu pihak klinik dalam mengelola data terapi  dan memperbaharui informasi terbaru.

References

Fatmawati, F., & Munajat, J. (2018). Implementasi Model Waterfall Pada Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web (Studi Kasus: PT.Pamindo Tiga T). Jurnal Media Informatika Budidarma, 2(2), 1–9.

Junaidi, A., & Wadisman, C. (2022). Sistem Informasi Antrian Online Berbasis Web di Klinik Sahabat Padang. JCoInS, 3 Nomor 3, 2003–2005

Kurniawan, Y., & Yani, S. (2023). Perspektif Pasien Gagal Ginjal Terminal ( GGT ) yang Menjalani Terapi Hemodialisis Ditinjau dari Konsep Efikasi Diri ( Self Efficacy ). Jurnal Vokasi Kesehatan, Vol. 2, No, 1–6.

Maria, S., & Lubis, S. F. (2020). Sistem informasi layanan peserta keluarga berencana pada klinik bidan roslaini berbasis web. Jurnal Intra-Tech, 4(2), 47–59.

Mega, Sihombing, V., & Yanris, G. J. (2021). Penentuan Tumbuh Kembang Balita dengan Pengimplementasian Metode Simple Multi Atribute Rating Technique ( SMART ). Media Informasi Analisa Dan Sistem, 6(1), 56–60.

Downloads

Published

2023-10-30