Perancangan Sistem Informasi Permintaan Pembelian Perlengkapan Kantor (SIP3K) Berbasis Web

Authors

  • Akhmad Syukron Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jaka Priyono Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sardiarinto Sardiarinto Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1144

Keywords:

Perlengkapan kantor, waterfall, perancangan sistem, Website

Abstract

Perlengkapan kantor merupakan salah satu sarana penting yang digunakan sebagai penunjang berjalannya operasional sebuah perusahaan. Saat ini masih ditemukan beberapa perusahaan dan perkantoran yang masih menggunakan sistem konvensional dalam pengelolaannya. Hal ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan seperti keterlambatan transaksi baik dalam pengelolaan stok, permintaan barang, dan pembelian barang dan penggunaan kertas yang cukup banyak setiap terjadi transaksi permintaan perlengkapan kantor. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu sistem terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk memanajemen informasi dengan akurat dan cepat. Tujuan dari perancangan sistem terkomputerisasi adalah agar dapat menhasilkan suatu sistem yang lebih efektif dan juga efisien. Sehingga dapat meningkatkan kinerja dari masing-masing bagian. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan tahapan pengembangan yang meliputi analisa, desain, pembuatan kode program, pengujian dan perawatan. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi permintaan pembelian perlengkapan kantor berbasis website. Diharapkan nantinya dapat diimplementasikan menjadi sebuah aplikasi yang dapat membantu kegiatan operasional kantor sehari-hari, yaitu dalam mengelola permintaan perlengkapan kantor.

References

Bolung, M., & Tampangela, H. R. K. (2017). Analisa Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal ELTIKOM, 1(1), 1–10.

Fauziah, S. (2019). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Alat Tulis Kantor. Jurnal Mantik Penusa, 3(3), 61–68.

Irawan, Y. (2019). Sistem Informasi Pengadaan Peralatan Dan Perlengkapan Kantor Pada Dinas Kehutanan Propinsi Riau Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(1), 45–48.

Lestari, T. Y., & Setyadi, D. (2019). Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor Pada PT Berjaya Sally Ceria Jakarta. Copyright@2018. P2M STMIK BINA INSANI 163 INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 3(2), 163–176.

Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1), 1–6.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.

Syahrul, & Mulyati, R. (2018). Sistem Informasi Persediaan Barang Peralatan Kantor Pada AMIK Tri Dharma Pekanbaru. Jaringan Sistem Informasi Robotik, 2(1), 62–67.

Tabrani, M., Suhardi, & Priyandaru, H. (2021). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada Unl Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 13–21.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles