Evaluasi Kualitas Digital Payment OVO Berdasarkan Faktor Usability Standar ISO/IEC 9126

Authors

  • Wawan Nugroho Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1123

Keywords:

Evaluasi kualitas, Digital Payment OVO, Usability

Abstract

Kebijakan transaksi non tunai menjadi sebuah strategi yang efektif dalam mendorong pertumbuhan keuangan digital di Indonesia. Salah satu aplikasi yang mendukung adanya teknologi tersebut adalah OVO, namun aplikasi yang dirilis pada tahun 2017 kini memperoleh rating 3.9 di Google Play Store. Berdasarkan nilai rating dan respon yang rendah maka tingkat Usability pada aplikasi cukup rendah maka pengguna juga rendah. Semakin banyak pesaing yang bermunculan dibidang yang sama maka diperlukannya sebuah evaluasi kualitas perangkat lunak yang berkelanjutan. Salah satu metode yang digunakan dalam mengukur kualitas perangkat lunak adalah ISO/IEC 9126, merupakan standarisasi organisasi internasional yang digunakan sebagai panduan untuk model kualitas. Dalam proses evaluasi Usability pada ISO/IEC 9126 terdapat karateristik kualitas Usability yang didalamnya mengcangkup sub-karateristik kualitas yaitu : understandability, learnability, operability, dan attractiveness. Software quality control yang akan dievaluasi adalah berfokus pada perspektif Usability dengan tujuan memuaskan kebutuhan pengguna. Nilai karateristik Usability yang didapatkan kemudian diubah dalam bentuk presentase. Semakin mendekali 1 (satu) maka nilai Usability semakin baik. Nilai dikelompokan berdasarkan tiga ketegori, dari rentang 0%-100%. Kategori penilaian yaitu unsatisfactory (tidak memuaskan) atara 0%-40%, marginal antra 40%-60%, dan satisfactory (memuaskan) antara 60%-100%. Dari hasil perhitungan nilai Usability sebesar 0.69 maka dapat dikatakan Baik dan masuk kedalam kategori satisfactory (memuaskan).

References

Alkhowaiter, W. A. (2020). Digital payment and banking adoption research in Gulf countries: A systematic literature review. International Journal of Information Management, 53(February), 102102. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102102

Chandrasari, F. (2020). Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Keadilan Interpersonal, dan Keadilan Informasional terhadap Altruisme dengan PO Fit sebagai Variabel …. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/23609

Devita, V. D. (2020). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia? Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/

Fitrisia, Y., & Fadhly, M. (2018). Evaluasi Functionality dan Usability External Quality Sistem Informasi Proyek Akhir Politeknik Caltex Riau. Jurnal Komputer Terapan, 3(May), 193–202

Kartiko, C. (2019). Evaluasi Kualitas Aplikasi Web Pemantau Menggunakan Model Pengujian Perangkat Lunak ISO/IEC 9126. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(1), 16. https://doi.org/10.22146/jnteti.v8i1.485

Maharani, P., & Effendi, M. J. (2020). Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Kepegawaian Dengan Karateristik Iso/Iec 9126 (Studi Kasus Kantor Bkd Kota Pagaralam). Informatika, 9(1), 45–62. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/101

Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & ... (2019). Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. … Teknologi Informasi Dan …, 3(5), 4825–4834. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5350

Nioga, A., Brata, K. C., & Fanani, L. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 2 (2019), 3(2), 1396–1402.

Noviana, I. P. T., & Darma, G. S. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies During the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4(3), 2257–2262.

Ritzkal, M. S. (2017). Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Manajemen Pelaporan Kegiatan Berbasis Web Peringatan Berbasis Email. Seminar Nasional TEKNOKA, 2(2502), 75–80. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1483185&val=11434&title=Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Manajemen Pelaporan Kegiatan Berbasis Web Peringatan Berbasis Email

Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 5(2), 146–150. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC/article/view/3293

Sopian, I. (2018). Implementasi dan Pengujian Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web Menggunakan Standard ISO/IEC 9126 (Studi Kasus: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - UPI). FIKI - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, VIII(2), 116–127.

Tohirin, T., Mauludyansah, W. Al, Setyawan, S. E., & Widianto, S. R. (2019). Analisis Kualitas dan Penerapan Software Quality Assurance Pada Situs Web e-Clinic Menggunakan Model ISO/IEC 9126. Multinetics, 5(2), 52–58. https://doi.org/10.32722/multinetics.v5i2.2761

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles