Sistem Informasi Manajemen Kehadiran Dan Jam Kerja Karyawan Untuk Kelengkapan Perhitungan Gaji Karyawan

Authors

  • Heribertus Ary Setyadi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sundari Sundari Universitas Duta Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1114

Keywords:

presensi, lembur, cuti, ijin, jadwal shift

Abstract

Jadwal kerja yang ditentukan melalui presensi karyawan menjadi perhatian khusus dalam pemberian gaji karena sangat berhubungan erat dengan produktivitas karyawan dan kontribusi selama melakukan pekerjaan. Biasanya perusahaan mengacu kepada rekapitulasi presensi karyawan untuk membuat slip pengeluaran gaji. Masih belum banyak perusahaan atau instansi yang menerapkan sistem presensi yang sudah terintegrasi dengan jadwal kerja shift, cuti karyawan dan ijin karyawan serta jam lembur. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sistem informasi kehadiran karyawan berbasis web yang di dalamnya sudah terdapat pengelolaan shift kerja, cuti kerja, jam lembur dan ijin tidak masuk kerja. Dengan adanya sistem yang sudah terintegrasi dan dapat menghasilkan rekapitlasi kehadiran karyawan setiap bulannya akan dapat memudahkan dalam perhitungan gaji. Sistem yang dikembangkan hanya membutuhkan dua pengguna yaitu admin dan karyawan. Karyawan hanya dapat melakukan presensi dengan koneksi ke jaringan yang ada di tempat kerja sehingga dapat dilakukan kontrol terhadap keberadaan karyawan. Admin dapat memberikan atau menyetujui status permohonan cuti karyawan.

References

Amrin, A., Larasati, M. D., & Satriadi, I. (2020). Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. J. Tek. Komput, 6(1), 135-140.

Audriyani, I. D., Juhriah, E., & Maimunah, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Absensi Karyawan PT Energizer Indonesia. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(02).

Fahrezi, K., Mulana, A. R., Melinda, S., Nurhaliza, N., & Mulyati, S. (2021). Penerapan Model Waterfall dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 4(2), 98-102.

Haqque, R. H. D., Salsabila, S., & Santikarama, I. (2021). Sistem Informasi Kepegawaian pada PT Ladang Harta Insani Berbasis Web. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), 5(1), 01-14.

Larasati, P. D., & Sa’ba, N. F. (2021). Perancangan Sistem Pelaporan Absensi Berbasis Web pada PT. Solar Control Specialist (SCS). Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), 5(1), 74-80.

Ningsih, A. F., & Fibriany, F. W. (2018). Sistem Informasi Ketidakhadiran Izin Dan Cuti Berbasis Web Pada BPSDM KEMENDAGRI. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(2).

Nurseptaji, A. (2021). IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 1(2), 49-57.

Sukamto ariani, R., & M.Salahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. In Informatika Bandung.

Sianturi, S. K., & Hendriani, A. (2021).PERANCANGAN SISTEM LIBRARY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), 9(1), 49-57.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles