Analisa Pola Belanja Alat Kesehatan di Shopee JoyoAlkes Menggunakan Algoritma FP-Growth
DOI:
https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1098Keywords:
Pola penjualan , FP-Growth, Promo paket diskon, Promo, PrediksiAbstract
Pola penjualan secara prinsipnya merupakan kebutuhan untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, agar majunya sebuah bisnis perlu adanya pola yang secara stategis untuk dapat meningkatkan penjualan. Salah satu pola yang dapat terapkan adalah Pola penjualan pada alat kesehatan. Pola penjualan yang didapatkan melalui data transaksi dalam beberapa tahun terakhir merupakan data strategis yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Pola penjualan yang telah diketahui dapat digunakan untuk menentukan tata letak produk maupun penentuan paket promo yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Prediksi produk yang berkelanjutan dapat dengan mudah dikenali oleh penjual. Prediksi pola penjualan dalam penelitian ini menggunakan data transaksi dalam satu tahun terakhir yang bersumber dari penjualan produk alat kesehatan di shopee joyoalkes. Berdasarkan analisa penjualan menggunakan algoritma FP-Growth untuk memprediksi pola penjualan produk alat kesehatan kedepannya. Selanjutnya data transaksi diolah menggunakan Rapidminer Studio dengan jumlah data transaksi, Peluang pemilihan produk yang saling berkaitan sangat membantu tata letak produk atau penentuan promo paket diskon untuk meningkatkan penjualan.
References
Ghozali, M. I., Ehwan, R. Z., & Sugiharto, W. H. (2017). ANALISA POLA BELANJA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH, SELF ORGANIZING MAP (SOM) DAN K MEDOIDS. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 317–326. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.995
Larose DT. 2006. Data Mining Methods and Models. 1-322 p.
Munanda, E., & Monalisa, S. (2021). PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN UNTUK PENENTUAN TATA LETAK BARANG. 7(2), 12.
Putri, D. E., & Mandala, E. P. W. (2021). Implementasi Algoritma FP-Growth Untuk Menemukan Pola Frekuensi Pembelian Lauk Pada Rumah Makan Takana Juo. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(1), 242. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2643
Prahatiwi, L. I. (2017). Pencarian Frequent Itemset pada Analisis Keranjang Belanja Menggunakan Algoritma FP-Growth. Information System For Educators and Professionals, 2(1), 1-10
Santosa, Budi (2007). Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Silitonga, D. A., & Windarto, A. P. (2022). Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Association Rule Menerapkan Algoritma FP-Growth. 3(2), 9.
Supinah, Putra, R. E., & Iqbal, Mohd. (2022). Prediksi Pola Penjualan Produk Herbal Menggunakan Algoritma FP-Growth. Jurnal Informasi dan Teknologi, 14–18. https://doi.org/10.37034/jidt.v4i1.167
Wibowo, A. R., & Jananto, A. (2020). Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), 200. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2585
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Galih Setiawan Nurohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.