Analisa Pola Belanja Alat Kesehatan di Shopee JoyoAlkes Menggunakan Algoritma FP-Growth

Authors

  • Galih Setiawan Nurohim Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1098

Keywords:

Pola penjualan , FP-Growth, Promo paket diskon, Promo, Prediksi

Abstract

Pola penjualan secara prinsipnya merupakan kebutuhan untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, agar majunya sebuah  bisnis  perlu  adanya  pola  yang  secara  stategis  untuk  dapat  meningkatkan  penjualan. Salah  satu  pola  yang  dapat terapkan  adalah Pola penjualan pada alat kesehatan. Pola penjualan yang didapatkan melalui data transaksi dalam beberapa tahun terakhir merupakan data strategis yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Pola penjualan yang telah diketahui dapat digunakan untuk menentukan tata letak produk maupun penentuan paket promo yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Prediksi produk yang  berkelanjutan  dapat  dengan  mudah  dikenali  oleh  penjual. Prediksi pola penjualan dalam penelitian ini menggunakan data transaksi dalam satu tahun terakhir yang bersumber dari penjualan produk alat kesehatan di shopee joyoalkes. Berdasarkan analisa penjualan menggunakan algoritma FP-Growth untuk memprediksi pola penjualan produk alat kesehatan kedepannya. Selanjutnya data transaksi diolah menggunakan Rapidminer Studio dengan jumlah data transaksi, Peluang pemilihan produk yang saling berkaitan sangat membantu tata letak produk atau penentuan promo paket diskon untuk meningkatkan penjualan.

References

Ghozali, M. I., Ehwan, R. Z., & Sugiharto, W. H. (2017). ANALISA POLA BELANJA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH, SELF ORGANIZING MAP (SOM) DAN K MEDOIDS. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 317–326. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.995

Larose DT. 2006. Data Mining Methods and Models. 1-322 p.

Munanda, E., & Monalisa, S. (2021). PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN UNTUK PENENTUAN TATA LETAK BARANG. 7(2), 12.

Putri, D. E., & Mandala, E. P. W. (2021). Implementasi Algoritma FP-Growth Untuk Menemukan Pola Frekuensi Pembelian Lauk Pada Rumah Makan Takana Juo. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(1), 242. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2643

Prahatiwi, L. I. (2017). Pencarian Frequent Itemset pada Analisis Keranjang Belanja Menggunakan Algoritma FP-Growth. Information System For Educators and Professionals, 2(1), 1-10

Santosa, Budi (2007). Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Silitonga, D. A., & Windarto, A. P. (2022). Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Association Rule Menerapkan Algoritma FP-Growth. 3(2), 9.

Supinah, Putra, R. E., & Iqbal, Mohd. (2022). Prediksi Pola Penjualan Produk Herbal Menggunakan Algoritma FP-Growth. Jurnal Informasi dan Teknologi, 14–18. https://doi.org/10.37034/jidt.v4i1.167

Wibowo, A. R., & Jananto, A. (2020). Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), 200. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2585

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles