Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Dengan metode Waterfall

Authors

  • Supriyanta Supriyanta Universitas Bina Sarana Informatika
  • Deddy Supriadi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Beni Susanto Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1040

Keywords:

informasi, penggajian, perancangan sistem

Abstract

Sistem penggajian merupakan proses untuk menentukan, memonitor, mengembangkan, dan mengendalikan gaji karyawan pada suatu perusahaan. Banyak cara atau model penggajian, ada harian, mingguan, bulanan atau lainnya. Perhitungan gaji sangat penting, harus benar dan tidak terlambat. Pada saat ini pengolahan data penggajian karyawan CV. Popeye Chicken Express masih konvensional yaitu semua transaksi dicatat menggunakan buku besar, perhitungan satu per satu, permasalahannya proses pengerjaan dilakukan berulang – ulang, lama dan tidak efisien. Untuk membantu penggajian pada CV Popeye Chicken di usulkan rancangan sistem informasi dengan tujuan sistem penggajian lebih baik, lebih cepat dan tepat. Metodologi yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak waterfall, mulai dari analisis sistem, perancangan sistem, implementasi dan pengujian.  Metode untuk mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari perancangan sistem akan mempermudah proses penggajian sejak presensi, perhitungan gaji dan laporan penggajian. Sistem informasi penggajian ini dapat mengurangi penumpukan kertas, lebih praktis, lebih cepat dan tepat, lebih efektif dan efisien.

References

Hidayat, C. (2021). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. https://ranahresearch.com/metodewaterfall/

Indrajani. 2015. Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Informatika Ban.

Purwaningtias, D., Rahayuningsih, P. A., Studi, P., Informasi, S., Kota, K., Studi, P., Informasi, S., & Bina, U. (2021). Sistem informasi pasien posyandu pada poskesdes kalimas. 5(2), 300–309. https://www.jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/597

Ruhul Amin, M. K. (2017). Siswa Baru Pada Smk Budhi Warman 1 Jakarta. 2(2), 113–121.

Rusmawan, U. (2019). Tekinik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman - Pengertian ERD. In Marlinda.

Rusmawan, Uus. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media komputindo.

Sukamto, & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek) 2015. In Informatika Bandung.

Sulianta, Feri. (2017). Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi. Yogyakarta

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles