Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Website

Authors

  • Akhmad Syukron Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sardiarinto Sardiarinto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eko Saputro Universitas Bina Sarana Informatika
  • Pudji Widodo Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/conten.v3i1.1949

Keywords:

perancangan sistem, koperasi, simpan pinjam, prototype, website

Abstract

Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Dalam pengelolaannya koperasi Hikmah masih menggunakan sistem konvensional, yang mana data-data koperasi dicatat dalam buku besar. Sehingga penggunaan sistem konvensional ini masih terdapat beberapa kendala seperti resiko kerusakan dan kehilangan data, kesulitan dalam pencarian data, memerlukan waktu yang cukup lama untuk melayani anggota yang banyak sehingga mengakibatkan tidak efektifnya proses  pengajuan simpanan dan pengajuan pinjaman. Dengan adanya kendala tersebut, maka diperlukan sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk dapat memudahkan anggota dan pengurus koperasi dalam mengelola data-data koperasi. Tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk menghasilkan  sistem yang lebih efektif serta efisien yang dapat dimplementasikan di koperasi Hikmah. Dengan adanya sistem informasi yang dapat diakses secara online, maka dapat mempercepat proses sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu menggunakan metode Prototyping. Dengan metode Prototyping dapat memudahkan pengguna dalam memahami sistem yang akan dibangun nantinya. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi simpan pinjam koperasi berbasis website. 

References

Agustina, M., Rismawati, N., & Acep. (2020). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koperasi Karyawan MT Haryono Berbasis Java. JRAMI(Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika), 1(1).

Dewi, Rahayu, Mita, Ade, Luh, N., Hartati, Sari, R., & Divayana, Y. (2021). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Website pada Berlian Agency. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1).

Fadillah, Qintari, T., Suratno, T., & Mauladi. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Adminitrasi Tahan Dan Barang Bukti Menggunakan Model Prototype Pada Kepolisian Daerah Jambi. Jurnal Sains Dan Sistem Informasi, 2(1).

Fitriana, R., & Novitasari. (2019). Sistem dan Prosedur Pelaksanaan Simpan Pinjam Pada Koperasi Karyawan Bina Sehat. Akurat-Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(3).

Hendri, Meisak, D., & Agustini, Rianti, S. (2022). Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi. Storage-Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(4).

Maulana, A., Toscany, Nehemia, A., & Rahim, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Unit Desa Trimulya Jaya Sungai Gelam. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi(JMS), 1(1).

Mulyani, S. (2017). Metode Analis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML ( unified Modelling Language). Bandung:Informatika.

Nurjanah, Siti, Yulia, N. (2021). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Simpan dan Pinjam Pada Koperasi Simpan Pinjam Jaya Kencana (KSPJK). Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(2).

Putri, N., Prabowo, Agung, N., & Widyanto, Arry, R. (2019). Implementasi Metode Prototyping pada Perancangan Aplikasi Electronic Ticket (E-Ticket) berbasis Android. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 3(2).

Sukamto, Ariani, R., & Shalahudin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi Revisi).

Syarif, A. (2020). Prototipe Sistem Informasi Penilaian Prestasi Mahasiswa Program Studi Sekretari Berbasis Web. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles