Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian Pada PT. Evoteks Jakarta

Penulis

  • Rifky Permana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dewi Astutik
  • Sri Diana
  • Eni Heni Hermailani

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v1i2.588

Kata Kunci:

Aplikasi , Sistem Informasi , Kepegawaian, Application, Information Systems, Staffing

Abstrak

Sistem Informasi Kepegawaian merupakan aplikasi dalam membantu proses dunia kerja terutama bagian Sumber Daya Manusia. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara serta menggunakan model pengembangan sistem SDLC Waterfall. Tujuan pembuatan aplikasi ini untuk membantu pemecahan masalah yang banyak terjadi pada perusahaan perusahaan. Kasus yang sering terjadi pada perusahaan adalah masalah penanganan pengolahan data kepegawaian. Pencarian data dan penyimpanan data. Semakin tingginya frekuensi data kepegawaian semakin meningkat pula kebutuhan pengolahan data. Maka dari itu, perancangan program yang dibuat ini dimaksudkan untuk membantu serta meringankan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Karena perancangan aplikasi ini lebih efektif dan efisien dibandingkan pencatatan yang masih manual. Setelah aplikasi ini siap dan segera diimplementasikan pada PT. Evoteks Jakarta, tentu saja akan berdampak positif dalam pengelolaan dan pengolahan data kepegawaian dimasa yang akan datang. Dalam aplikasi ini perusahaan dapat melihat laporan yang berkaitan dengan kepegawaian secara cepat melalui hasil output yang dihasilkan dan juga aplikasi yang sudah melalui proses testing sebelum di implementasikan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan kekosongan penginputan data

Referensi

A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur Dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Darmawan, Deni. Fauzi, Kunkun Nur, 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Haryono, Aspri Aurina. 2012. Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pacitan. ISSN: 1979-9330. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol 4, No.3 - 2012.

Iskandar, Agus dan A. Haris Rangkuti. 2008. Perancangan sistem informasi penjualan tunai pada PT. Klaten Bercahaya. Jakarta: Jurnal Basis Data.

Kristanto, Andi. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Ladjamuddin. Al Bahra Bin. 2013. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Madcoms. 2011. Aplikasi Program Terintegrasi dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta: Andi Offset.

Marwansyah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2010

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi KONSEP & APLIKASI .Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munir, Rinaldi. 2011. Algoritma dan Pemrograman. Bandung: Informatika.

Nugroho, Bunafit. 2011. Database Relasional Dengan Mysql. Yogyakarta: Andi Offset.

Purnamasari, Titin. 2013. Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Dan Penggajian Pada Unit Pelaksana Teknis Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar Kecamatan Pringkuku. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, ISSN: 1979-9330. Vol 5, No.2 2013.

Utari, Muhammad Ichwan, Ika Purwanti Ningrum dan Muh. Yamin. 2016. Sistem Informasi Kepegawaian Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Sub-Sistem Utility dan Penggajian. ISSN : 2502-8928. Universitas Halu Oleo: SemanTIK, Vol.2, No.1, Jan-Jun 2016, pp. 187-194.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering (Nine Edition). America: Addison-Wesley

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-18