Penerapan Aplikasi Zahir Accounting dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada PT. Mitra Flexitech Berdikari Jakarta

Penulis

  • Nia Nuraeni Universitas Nusa Mandiri
  • Asrie Putri Wulandari Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v1i2.558

Kata Kunci:

Penerapan Aplikasi, Zahir , Laporan Keuangan

Abstrak

Dalam proses pengolahan data akuntansi di PT. Mitra Flexitech Berikari masih dengan menggunakan pencatatan secara manual. Pengolahan akuntansi secara manual memiliki lebih banyak resiko kesalahan dibandingkan dengan menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Dengan demikian penulis akan menerapkan sistem transaksi yang selama ini dilakukan PT. Mitra Flexitech Berdikari ke aplikasi Zahir Accounting versi 5.1 untuk membantu mempermudah dalam pencatatan keuangan karena Zahir Accounting versi 5.1 merupakan software yang memiliki firut lengkap, dengan desain program yang menarik sehingga sangat mudah digunakan dan dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengimplementasikan aplikasi Zahir Accounting versi 5.1 untuk pencatatan seluruh transaksi pada PT. Mitra Flexitech Berdikari agar menghasilkan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan dengan melakukan pengamatan secara langsung pada PT. Mitra Flexitech Berdikari dan melakukan proses tanya jawab dengan pimpinan PT. Mitra Flexitech Berdikari dengan pihak terkait secara langsung pada bagian pengolahan data akuntansinya sehingga dapat diperoleh informasi yang dibutuhkan selain itu penulis juga melakukan studi pustaka yaitu penulis melakukan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Setelah selesai dibuat, maka dapat diketahui bahwa pembuatan Zahir Accounting V 5.1 dalam sistem keuangan. Sehingga sistem keuangan manual yang ada bisa digantikan dengan sister yang sudah terkomputerisasi. System Zahir Accounting yang dirancang bertujuan untuk membangun sistem akuntansi yang terkomputerisasi sehingga memudahkan PT. Mitra Flexitech Berdikari dalam pengolahan akuntansi

Referensi

Bachtiar, H., Irmah, & Nurfadhilah. (2019). Akuntansi Dasar Buku pintar Untuk Pemula. 1st Ed. CV. Budi Utama.

Effendi, R. (2015). Accounting Principles Prinsip – Prinsip Akusntansi Berbasis Sak Etap. Rajawali Pers.

Firman Alamsyah, Wina Witanti, A. I. H. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Terintegrasi Menggunakan Web Services Di CV. Sejahtera. Prosiding SNST Ke 10 Tahun 2019, 10, 167–173.

Hutauruk, M. R. (2017). Akuntansi Perusahaan Jasa Aplikasi Program Zahir Accounting Versi 6. Indeks.

Kartikahadi, H. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis SAK Berbasis IFRS Buku I. Salemba Empat.

Sari, D.I, Ulya, R. (2019). Penerapan Zahir Accounting Versi 5 . 1 Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada PT . Citarum Borneo Quantum. 1(6), 29–38.

Sirait, P. (2014). Pelaporan dan Laporan Keuangan. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metod Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Suteja, I. G. N. (2018). Analisis kinerja keuangan dengan metode altman z-score pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk. Moneter, V(1), 12–17. p-ISSN 2355-2700 e-ISSN 2550-0139

Utami, L., & Hidayat, R. (2018). Pengolahan Data Keuangan Dengan Menggunakan Zahir Accounting 5 . 1. Perspektif, XVI(1), 99–106.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-18