Implementasi Perancangan Sistem Pendapatan Canasoft Pada PT. Sahabat Mandiri Hutama

Penulis

  • Danny Ong Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nila Nuur Khomariyah
  • Juwantri Juwantri

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v1i2.526

Kata Kunci:

Pendapatan, Sistem, Data

Abstrak

Abstrak - Pada masa Era Revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan utama dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan dalam sebuah Perusahaan. Komputer dapat memudahkan kerja seseorang untuk membangun dan mengerjakan tugasnya masing-masing dan dapat menyediakan informasi yang lebih akurat sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan oleh manajemen  Sehingga pada saat ini semua elemen masyarakat memanfaatkan komputer ke segala bidang, salah satunya adalah dalam bidang ekonomi dan bisnis. Namun pada kenyataannya masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem yang belum terkomputerisasi dengan baik.Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pengetahuan pegawai mengenal hubungan manajemen perusahaannya dengan sistem komputer. Dengan menggunakan komputer, perusahaan dapat melakukan proses penyimpanan data dengan mudah dan cepat. Karena tingkat kecepatan dan penyimpanan data pada komputer lebih aman dan rapi, sehingga mudah menemukan data yang diinginkan.Metodelogi yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah ModelWaterfall. Model ini merupakan sebuah pendekatan terhadap pengembangan perangkat lunak yang sistematik, dengan beberapa tahapan dan juga dipadukan dengan proses observasi dari kegiatan berjalan saat ini. Dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan mengenai sistem pendapatan menggunakan aplikasi canasoft pada perusahaan PT. Sahabat Mandiri Hutama.Peneliti melihat adanya beberapa permasalahan di dalam sistem Perusahaan. Permasalahan terdiri dari penginputan nomor surat jalan masih manual, terlalu banyak tab dalam menu, dan adanya menu schedule membuat proses invoicing semakin lama.Pembaruan sistem adalah membuat penginputan nomor surat jalan secara otomatis, penyederhanaan tab-tab pada menu agar lebih mudah dipahami, dan penghapusan menu schedule yang dikira tidak perlu guna mempersingkat waktu saat proses invoicing.

Referensi

Ginsburg, L. R., Dhingra-Kumar, N., & Donaldson, L. J. (2017). What stage are low-income and middle-income countries (LMICs) at with patient safety curriculum implementation and what are the barriers to implementation? A two-stage cross-sectional study. BMJ Open, 7(6).

Kisielnicki, J., & Misiak, A. M. (2017). EFFECTIVENESS of AGILE COMPARED to WATERFALL IMPLEMENTATION METHODS in IT PROJECTS: ANALYSIS BASED on BUSINESS INTELLIGENCE PROJECTS. Foundations of Management, 9(1), 273–286.

Ong, D., Khomariyah, N., & Juwantri. (2021). Jurnal AKASIA 2021_Implementasi Perancangan Sistem Pendapatan Canasoft PT Sahabat Mandiri Hutama.

Richtarcik, F. (2016). Usage of Rfid Technology for the Needs of Logistics of Services. Acta Logistica, 3(1), 5–8.

Rotchanakitumnuai, S. (2013). Assessment of e-procurement auction with a balanced scorecard. International Journal of Physical Distribution and Logistics Management, 43(1), 39–53.

Sharma, S., Mehra, D., Akhtar, F., & Mehra, S. (2020). Evaluation of a community-based intervention for health and economic empowerment of marginalized women in India. BMC Public Health, 20(1), 1–17.

Widadi, S., Fajrin, H. R., Pranaditya, A., Safitri, M., & Handoko, B. S. (2021). Software Innovation for SD Card Logger on Autoclave with Waterfall Method. Journal of Physics: Conference Series, 1933(1), 012059

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-18