Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada PT.Tridika Putra Unggul Tangerang Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1

Penulis

  • Ahmad Yani Universitas BSI
  • Mega S P Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v1i2.480

Abstrak

Abstrak - Semakin berkembangnya sistem teknologi dan informasi dalam dunia industri menuntut sebuah perusahaan bisa menggunakan teknologi untuk menunjang kegiatan operasional industri tersebut. Dengan berbagai macam kelebihan teknologi dan perkembangan sistem  informasi, tentunya bisa meningkatkan kinerja perusahaan untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dan akurat untuk pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan saat ini ataupun yang akan datang. Salah satu sistem informasi yang sangat penting dalam perusahaan adalah sistem informasi akuntansi yang akan menghasilkan informasi keuangan. PT. Tridika Putra Unggul Tangerang yang bergerak di bidang distributor minyak pelumas (oli). Setiap hari perusahaan melakukan transaksi seperti membeli barang ke supplier dan mengirim barang ke customer. PT.Tridika Putra Unggul Tangerang sudah terkomputerisasi dengan menggunakan software jurnal. Namun PT.Tridika Putra Unggul Tangerang mengalami beberapa kendala dalam pencatatan transaksinya yang kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penginputan suatu transaksi kedalam software dan memperlambat pekerjaan seperti sering pembaruan sistem dalam menggunakan software tersebut. Yang sering dipermasalahkan  dalam software jurnal tidak dapat membuat laporan keuangan secara otomatis dengan akurat sehingga pihak-pihak terkait harus mencatat secara manual. Zahir Accounting versi 5.1  adalah  aplikasi Sistem Informasi Akuntansi yang bisa menjadi solusi dari permasalahan  tersebut yang dapat membantu lebih efektif dalam mengolah data transaksi sampai menghasilkan laporan keuangan perusahaan.

Referensi

REFERENSI

Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi (1st ed.). Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Desmahary, Y., & Kuswara, H. (2016). Aplikasi Akuntansi Zahir Accounting Untuk Pengolahan Data KeuanganPada PD. Nugraha Jakarta. Jurnal Online Insan Akuntan.

Hery. (2015a). Akuntansi Dasar (ke dua). Jakarata: PT Grasindo.

Hery. (2015b). Pengantar Akuntansi (Comprehensive Edition). Jakarta: PT Grasindo.

Hery. (2015c). pengantar akutansi. In PT.Grasindo.

Majdina, N., Rahman, H., & Muryani, S. (2017). Aplikasi Akuntansi Untuk Menyusun Laporan Keuangan Pada Koperasi Amanah Jakarta. Aplikasi Akuntansi Untuk Menyusun Laporan Keuangan Pada Koperasi Amanah Jakarta, 1(2), 155–168.

Mulyani, S. (2015). Pengolahan Data Akuntansi Menggunakan Zahir Accounting V.5.1 Pada PT. Bertindo Jaya Raya Pengolahan Data Akuntansi Menggunakan Zahir Accounting V.5.1 Pada PT. Bertindo Jaya Raya. Sistem Informasi Akuntansi, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rahmania, A. M., & Rusdi, I. (2017). Sistem Informasi Transaksi Keuangan PT . Riza Visi Global. Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Pengertian sistem menurut Marshall B Romney dan Paul John Steinbart. In Sistem Informasi Akuntansi.

Rully, R. (2015). Pengolahan Data AkuntansiMenggunakan Zahir Accounting 5.1 Pada PT. Purnama Jaya Bekasi. Sistem Informasi Akuntansi.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. In Sistem Akuntansi.

Wantah, M. J. (2015). Analisis Penerapan Psak No.1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Pada Perum Bulog Divre Sulut Dan Gorontalo. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Wardhani, P. A. (2015). Modul Praktikum Aplikasi Komputer Akuntansi 1. Efikasi Diri Dan Pemahaman Konsep IPA Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu, 6. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-18