Desain Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi oleh Pengguna

Penulis

  • Ahmad Yani Universitas BSI

Kata Kunci:

Pengembangan SIA oleh Pengguna, Sistem Informasi Akuntansi

Abstrak

Abstrak - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi di bidang informatika telah membawa dampak perubahan yang positif dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam bidang akuntansi .  Dengan pemanfaatan Teknologi Informasi kita dapat dengan mudah memodifikasi dan mengembangkan  Sistem Informasi Akuntansi yang akan menghasilkan informasi keuangan yang sangat berkualitas. Proses yang ada dalam siklus Sistem Informasi Akuntansi bisa sangat efesien, praktis dan efektif. Ada banyak contoh Sistem Informasi Akuntansi yang sudah dirancang berbasis Teknologi Informasi seperti DEA, Myob, Vplus, Zahir, Accurate, MAS. Hal yang paling menarik selain contoh produk software Accounting yang disebutkan, kita juga bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan . Tentu saja dibutuhkan syarat kemampuan untuk bisa melakukannya. Selain mengerti mengenai akuntansi juga dibutuhkan tambahan pengetahuan dalam bidang Teknologi Informasi (analisis sistem, programing). Desain dan pengembangan Sistem Informasi Akuntansi yang dikembangkan sendiri oleh pemakai (End User Development/ End User Computing) akan memiliki nilai utilitas yang sangat tinggi karena pengembang akan tahu persis kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem yang akan dibuat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus sebuah sistem informasi akuntansi. Hasil akhir dari penelitian ini memberikan wacana dan inspirasi dan solusi dalam pengembangan Sistem Informasi Akuntansi yang berbasis komputer.

Referensi

REFERENSI

Kurniawan Adi,Taufan.(2020). Sistem Informasi Akuntansi dengan Pendekatan Simulasi.Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

B.Romny, Marshall; John steinbart, Paul. (2019) Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Diana, Anastasia; Setiawati, Lilis. (2011). Sistem Informasi Akuntansi: Perancangan, Proses, dan Penerapan.Yogyakarta:Andi

Sunu Punjul Tyoso,Jaluanto. (2017). Sistem Informasi Akuntansi.Jakarta: penerbitbukudeepublish

Yusuf,Muri. (2014). Metode Penelitian:Kuantitif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group

Maniah,dkk. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem. Jakarta: Politeknik Pos Indonesia

Samryn. (2018). Pengantar Akuntansi: Buku 1 Siklus Akuntansi untuk Perusahaan Jasa,Perdagangan dan Industri. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Reksoatmodjo, Wahyuni. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi

Nugroho,Adi. (2020). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Publisher

Rusmana,Agus;Kuswarno,Engkus. (2014). Analisa Sistem Informasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Citra, Joshua; Tanamal, Rinabi. (2019). Implementasi Sistem Informasi Akuntansi untuk Perusahaan Garmen XYZ (Vol.2). https://doi.org/ 10.32493/jtsi.v2i2.2732.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-28