Pengolahan Data Keuangan Pada CV Ciremai Cipta Mandiri (Binatuku Laundry Advisor) Menggunakan Zahir Accounting Versi 6.0

Penulis

  • Nurleni
  • Rahayu Swastika Universitas BSI
  • Daniel

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v3i2.2402

Kata Kunci:

Pengolahan Data Keuangan, Zahir Accounting Versi 6.0

Abstrak

CV Ciremai Cipta Mandiri (Binatuku Laundry Advisor) adalah perusahaan yang bergerak dibidang dagang dan jasa. Sistem penghitungan laporan keuangannya masih dilakukan dengan menggunakan aplikasi microsoft excel dimulai dari pengumpulan transaksi, mencatat transaksi dengan memasukan kas masuk dan kas keluar hingga laporan keuangan lainnya, hal ini dapat menyebabkan kesalahan saat mencatat transaksi berlangsung, laporan keuangan yang tidak akurat dan keterlambatan dalam menemukan data yang dibutuhkan. Pemprosesan manual dapat menimbulkan kelemahan dalam pengolahan data akuntansi dan menyebabkan kesalahan dalam proses pencatatan dan keakuratan laporan yang terjadi dapat mengakibatkan kesalahan dalam laporan keuangan di masa mendatang. Dalam kasus ini CV Ciremai Cipta Mandiri (Binatuku Laundry Advisor) membutuhkan suatu sistem atau software akuntansi untuk memudahkan pemilik dan pegawai dalam mengolah data keuangan perusahaan secara detail dan lengkap, sehingga pemilik perusahaan dapat mengetahui jumlah pendapatan dan pengeluaran dalam setiap periode. Salah satunya penggunaan aplikasi atau software komputer yang berbasis akuntansi dalam pengolahan data keuangan menggunakan Zahir Accounting Versi 6.0 ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang ada pada perusahaan ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang masih menggunakan pencatatan biasa, oleh karena itu dengan adanya software Zahir Accounting ini diharapkan dapat tercapai suatu kegiatan efektif dan efisien yang dapat menunjang kegiatan pada perusahaan ini.

Referensi

Faizah, S., & Putri, A. M. (2022). Implementasi Data Akuntansi Keuangan pada Abang Bengkel Motor Menggunakan Zahir Accounting. 2(April), 106–113.

Latifah, & Larasati, P. (2020). Penerapan Zahir Accounting Dalam Transaksi Pembelian Barang PD. Mitrasarana Komputindo Pontianak. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.31294/justian.v1i2.287

Latuconsina, Yudhy Muhtar, Z. dan N. (2019). Logika menyusun jurnal umum. Logika Menyusun Jurnal Umum Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, 8(1), 17.

Marina, A.,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-31