Pengaruh CSR, Profitabilitas dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan BUMN Terdaftar di BEI

Authors

  • Slamet Maryoso Universitas Bina Sarana Informatika
  • DIAN INDAH SARI DIAN Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v3i1.1790

Keywords:

Dipilih:Profitability, Corporate Social Responsibility, Dividend Policy

Abstract

Abstract

This study aims to determine the effect of Corporate Social Responsibility, profitability, dividend policy on the value of BUMN companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017-2020 period. quantitative descriptive as this type of research. The data collection method is literature study where data is obtained from journals, books and literature related to the research title. This study uses the Classical Assumption Test as a data analysis technique. The conclusions in this study include: 1. Corporate Social Responsibility has a significant effect on the value of BUMN companies listed on the IDX for the 2017-2020 period. 2. Profitability has a significant influence on company value in state-owned companies listed on the IDX for the 2017-2020 period. 3. The dividend policy does not have a positive and significant impact on the value of BUMN companies listed on the IDX for the 2017-2020 period. 4. Corporate Social Responsibility, profitability and dividend policy together have a significant influence on the value of BUMN companies listed on the IDX for the 2017-2020 period.

References

REFERENSI

Aini, Z.A, Kurniawati, T & Cerya, E. (2019). Pengaruh Kebijakan Utang. Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan yang Terdaftar pada Index LQ-45 di BEI Periode 2013-2016. Jurnal Ecogen, 1(4), 977–986.

Ali, J. & Farofi, R. (2021). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Neraca Peradaban, 1(2), 128–135.

Apriada, K. & Suardikha, MS. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal dan Profitabilitas pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Arifianto, M. & Chabachib, M. (2016). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro Journal of Management, 5(1), 415–426.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Hery. (2016). Financial Ratio For Business (Analisis Keuangan Untuk Menilai Kondisi Finansial dan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Grasindo.

Julianto, B & Megawati, L. (2020). Pengaruh CSR dan kebijakan Deviden Terhadap nilai Perusahaan BUMN Yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2018. ISOQUANT, 4(130), 144.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kholida, N & Susilo, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Batubara Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2018). Prosiding SNEBDEWA, 1(1), 79–88.

Mulyawan, S. (2015). Manajemen Keuangan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Musa. (2020). Pengaruh Kebijakan Deviden, Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, Dan Rasio Hutang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban.

Mustofa, N. & Suaidah, Y. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Batubara Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2017-2019. Jurnal Cendekia Akuntansi, 1(2), 31–41.

Nurrahman, T., Sofianti, D., & Sukamto, E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. SPeSIA, 4(2), 882–886.

Oktoriza, L.A, Widowati, A.I & Suriawati, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Kebijakan Deviden dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. STABILITY, 2(2).

Prasetyorini, B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 183–196.

Pratiwi, NI & Farida, L. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. JOM.

Ranti, D. & Damayanti. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return on Asset dan Asset Growth Terhadap Beta Saham pada Perusahaan Real Estate dan Property di Bursa Efek Indonesia. Inobis, 3(2), 273–291.

Rasyid, FA & Yuliandhari, W. (2018). Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1137–1148.

Robiyanto, Nafiah, H. & Inggarwati. (2020). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Perhotelan dan Pariwisata Melalui Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. JIBEKA, 14(1), 46–57.

Sari, DI & Maryoso, S. (2022). Pengaruh DER, ROA dan NPM Terhadap Return Saham Perusahaan Properti Terdaftar Di BEI Periode 2017-2020. Profitabilitas, 2(1), 18–27.

Sari, DI & Maryoso, S. (2021). The Effect of ROA, DAR and NPM On Profit Growth of Companies in Basic and Chemical Industry Sector Listed On IDX. PICEEBA 8, 659, 81–89

Sartono, A. (2013). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Senata, M. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan yang Tercatat pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 73–84.

Septiani, RA & DP, EN. (2012). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di BEI 2007-2009). Jurnal Pekbis, 4(2), 71–84.

Setianto, B. (2016). Prospek Investasi Saham Semen Baturaja Per Laporan Keuangan Q2 2016.

Sugiono, Arief & Untung, E. (2016). Panduan Praktis Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.

Sulbahri, RA. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 16(3), 215–226.

Ulfah, SL. (2014). Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Modal Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di BEI 2008-2012). Jurnal Akuntansi, 3(1), 1–20.

Untung, B. (2014). CSR Dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Yahdiyani, A & Suryono, B. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabibilitas, Kebijakan Deviden, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Riset Akuntansi, 6(7), 1-18

Published

2023-04-30