Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Keuangan UMKM

Penulis

  • Amelia Hanna Dana Musdalifah
  • Susan Rachmawati UBSI

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v2i2.1463

Kata Kunci:

Analisa Laporan Keuangan, UMKM

Abstrak

Abstrak  - Laporan keuangan merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk melihat kinerja perusahaan dari periode satu ke periode lainnya untuk itu diperlukan pencatatan yang baik dan benar serta sesuai dengana standar yang berlaku lazim. Zahir accounting merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang dapat dipergunakan dalam menyusun laporan keuangan dengan lebih mudah dan cepat, hal itu disebabkan karena bahasa yang dipergunakan merupakan Bahasa Indonesia dan urutan yang dilakukan tidak jauh berbeda dalam penyusunan laporan keuangan secara manual. Selain itu kelebihan dari zahir accounting dapat menghasilkan analisa laporan keuangan dan adanya keterangan yang menjelaskan maksud angka yang terdapat dalam analisa lapran keuangan yang dihasilkan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif sedangkan pengumpulan data yang dipergunakan wawancara, studi pustaka dan studi literatur. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu UMKM Bakmi Kemayoran 21 dapat menyusun laporan keuangan dengan lebih mudah, cepat, efektif, efisien serta memperoleh analisa laporan keuangan untuk membaca kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka pendek, solvabilitas untuk mengetahui apakah mampu melunasi hutang jangka pendek dengan aset yang dimiliki sedangkan rentabilitas yaitu kemampuan perusahaan untk menghasilkan laba.

Kata Kunci: Analisa Laporan Keuangan, UMKM

 

 

Referensi

Hamidah, M. d. (2019). Penggunaan Analisa Rasio Keuangan Guna Menilai Kinerja Keuangan UMKM Japasrah. Inovasi Manajemen dan Kebijakan Publik, 18-31.

IAI. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

khabidah, e. d. (2021). Pelatihan pembuatan laporan keuangan digital menggunakan aplikasi buku kas. Prosiding SNP2M UMAHA, 97-101.

Mahdi, M. I. (2022, Januari 19). dataindonesia.id. Diambil kembali dari dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia

Mustika, I. &. (2022). Analisa Kesiapan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Keuangan dan Penerapan SAK EMKM Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Laundry Box di Kota Batam). Jurnal Akmami, 248-259.

Pratiwi, D. (2021). Analisis Laporan Keuangan di Era Digital. UBM Journal, 9-16.

Primadhyta, S. (2022, Jun 17). cnnindonesia.com. Diambil kembali dari cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220616172828-92-809888/19-juta-pelaku-umkm-masuk-ekosistem-digital-per-mei-2022

Rachmawati, S. (2017). IMPLEMENTASI DATA KEUANGAN DENGAN ZAHIR ACCOUNTING PADA PT . ANUGERAH. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 267-273.

Suci, R. Y. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Indonesia. Jurnl Ilmiah Cano Ekonomos, 1-8.

Wibawa, m. b. (2019). Model Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Cloud Bagi Pelaku UMKM. Sewagati, 51-56.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-31