Penerapan Zahir Accounting Versi 5.1 Pada Pengolahan Data Akuntansi Butik

Penulis

  • Dede Euis Sri Mulyatin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fajar Agustini Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v2i2.1422

Kata Kunci:

Laporan Keuangan, Penerapan Aplikasi Akuntansi, Zahir Accounting 5.1, Financial Statements, Application of Accounting Applications

Abstrak

Semakin berkembangnya teknologi informatika menuntut segala bidang kegiatan untuk terkomputerisasi. Pembukuan akuntansi secara manual masih memiliki banyak kelemahan sehingga diperlukan aplikasi akuntansi yang dapat mendukung  pembukuan laporan keuangan tersebut. Butik memerlukan adanya pengolahan data akuntansi  dalam   menunjang   aktivitas   bisnis   dalam pembuatan  laporan keuangan. Untuk itulah penulis membuat penelitian mengenai pengolahan data akuntansi pada Butik menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1, dikarenakan sampai dengan sekarang ini Butik masih menggunakan pencatatan manual. Butik adalah perusahaan yang bergerak dalam  bidang  perdagangan  pakaian  .  Sistem  yang digunakan pada saat ini masih secara manual, mulai dari transaksi serta pembuatan laporan kauangan. Hal ini yang menyebabkan timbulnya kesalahan dalam pencatatan, data yang tidak akurat sehingga terlambatnya laporan yang disajikan kepada manajemen perusahaan. Pengolahan data akuntansi dengan menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1 merupakan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah yang ada pada Butik. Aplikasi ini efektif dan efisien dalam mengatasi permasalahan yang terkait dengan pencatatan akuntansi secara  manual yang dijalankan sekarang  ini..

 

Kata Kunci: Laporan Keuangan, Penerapan Aplikasi Akuntansi, Zahir Accounting 5.1

Referensi

Fatoni, A., Dwi, D., NS, S., Sutabri, T., Subandi, Syahidi, A. A., Hayadi, B. H., Rukun, K., S, R. Mujiaty Yuli, Deasy, N., Khotimah, H., & Hanifah. (2020). Pengolahan Data Akuntansi Menggunakan Sistem Zahir V 5.1 Pada PT. Menara Warna Indonesia Jakarta. 5.

Dr. Agie Hanggara, M, P. (2019). Pengantar Akuntansi.

Febriarti, E., Muryani, S., & Rofiah, S. (2017). Pengolahan Data Keuangan Menggunakan Zahir Accounting 5 . 1 Pada Yayasan Pendidikan Islam An – Nuur Bogor. 1(2), 199–212.

Maulana, J., & Riana, D. D. (2020). Penggunaan Smartpls Untuk pengujian Model pada Penelitian Sistem Informasi.

Maulana, R., Jayanti, W. E., Studi, P., Informasi, S., Kampus, A., Pontianak, K., Informasi, F. T., Bina, U., & Informatika, S. (2019). APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI.

Normah. (2018). IMPLEMENTASI IT PADA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PT . 4(1), 56–65.

Nurmalasari, A., & Yusnita, A. E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Kantor Camat Pontianak Timur. VI(2).

Septiani, N. A., Goni, A., & Sayfulloh, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Studi Kasus: pada PT. Uniteknindo Inti Sarana Jakarta. Swabumi, 5(2), 162–168. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/2514

Zamzami, F., & Nusa, N. D. (2017). Akuntansi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-31