Implementasi Zahir Accounting Versi 5.1 Dalam Pengelolaan Data Keuangan Pada Kemang Grosir Bogor

Penulis

  • Elvira Febriliani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sri Wasiyanti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lisda Widiastuti Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v2i1.1096

Kata Kunci:

Akuntansi, Zahir Accounting, Data Keuangan

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi, penggunaan sistem terkomputerisasi di segala bidang dapat dirasakan manfaatnya dari efisiensi waktu, tenaga, maupun materi, salah satunya pada bidang akuntansi. Kemang Grosir Bogor adalah jenis usaha yang bergerak dibidang Perdagangan. Kemang Grosir Bogor dalam proses pencatatan kegiatan operasional masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel dalam membuat pembukuan keuangan untuk setiap bulannya, laporan dalam tiap bulan dibuat berdasarkan catatan harian yaitu penyusunan laporan keuangan yang berpotensi tidak akurat dan keterlambatan dalam penyelesaian laporan dengan tepat waktu. Metode dalam pengambilan data pada Kemang Grosir Bogor melalui tahapan observasi, wawancara narasumber yang mengetahui alur proses pengolahan data akuntansi perusahaan dan pencarian studi pustaka yang berkaitan dengan studi kasus Kemang Grosir Bogor. Pemanfaatan Software Akuntansi Zahir Accounting versi 5.1 sebagai solusi dalam pengolahan data akuntansi dan laporan keuangan. Dengan mengimplementasikan data akuntansi terhadap aplikasi dapat meminimalisir dalam kesalahan penginputan data sehingga diperoleh pelaporan keuangan yang akurat dan tepat waktu dalam penyusunannya.

Referensi

Abdillah, L. A., Hasibuan, A., Purba, S., Tjiptadi, D. D., Sudarmanto, E., Solissa, F., Putra, A. H. P. K., Mistriani, N., Simarmata, H. M. P., & Manuhutu, M. A. (2020). Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis.

Aprizal. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Keuangan Pada PT PITA TRANS LINE (PIPOSS). 1(4), 79–80.

Bachtiar, I. H. (2019). Akuntansi Dasar Buku Pintar Untuk Pemula. Deepublish.

Cendekia, M. S., Dr. Drs. Ismail Nurdin, M. S., Dra. Sri Hartati, M. S., & 228/JTI/2019, A. I. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.

Dharma, P. M. S. W. C. (n.d.). SEBATIK VOL 24 NO 1. STMIK Widya Cipta Dharma.

Fauzi, R. (n.d.). Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi) - Rizki Ahmad Fauzi - Google Books.

Istiana, D., & Ariyati, I. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan Zahir Accounting Versi 5 . 1. 2(1), 11–20.

Nurbawani, A., Sidharta, J., Purba, A. I., Wahyudi, I., Saribu, A. D., Simbolon, E., Munandar, A., & Zunaidi, A. (2021). Akuntansi Manajemen. Media Sains Indonesia.

Reza Maulana, Latifah, W. E. J. (2019). Aplikasi Komputer Akuntansi Zahir Accounting 5.1. graha ilmu. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/238159/Book.pdf

Supriyono, R. A., Press, U. G. M., & Press, G. M. U. (2018). Akuntansi Keperilakuan. UGM PRESS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-26