Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Zahir Accounting pada PT. Bangunan Jaya Perkasa Tangerang

Penulis

  • Ahmad Yani Universitas BSI
  • Yuslin Yuslin

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v2i1.1035

Abstrak

Abstrak – Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu sistem yang mengolah data perusahaan menjadi informasi keuangan (laporan keuangan). Informasi keuangan suatu perusahaan akan menggambarkan bagaimana kondisi suatu perusahaan selama periode tertentu. Berdasarkan informasi keuangan yang dihasilkan itulah kebijakan perusahaan ditentukan oleh pihak manajemen perusahaan. Tentu saja pihak manajemen perusahaan dalam membuat suatu kebijakan harus didasarkan pada informasi keuangan yang berkualitas agar kebijakan yang dibuat tidak salah. Selama ini perusahaan PT.Bangunan Jaya Perkasa melakukan pengolahan data perusahaan untuk menghasilkan informasi keuangan masih manual. Hal ini tentu saja sangat bermasalah dalam hal akurasi dan keakuratan serta kecepatan informasi keuangan yang dibutuhkan pihak manajemen.  Zahir Accounting adalah salah satu software aplikasi dalam sistem informasi akuntansi yang dapat digunakan untuk dapat mengolah data transaksi perusahaan hingga menghasilkan informasi keuangan yang berkualitas yang dibutuhkan oleh pihak pemangku kepentingan dalam pengelolaan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode kualitatif yang lebih menekankan pada pengamatan fenomen studi kasus pengolahan data akuntansi dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi tepat bagi permasalahan yang dihadapi manajemen perusahaan PT.Bangunan Jaya Perkasa Tangerang dalam mengolah data transaksi perusahaan hingga menghasilkan informasi keuangan yang cepat, tepat akurat dan relevan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai khasanah referensi untuk penelitian selanjutnya dalam bidang penelitian yang sejenis.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Laporan Keuangan

Referensi

REFERENSI

Hery.2014. Mahir Accounting Principles. Jakarta: Grasindo.

Charles T. Horngren dan Walker T. Harrizon.2007. Akuntansi jilid Satu.

Edisi Tujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Himayati.2008. Belajar Sendiri Zahir Accounting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jusup, Haryono. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi, jilid 2 Cetakan Pertama Desember 2011. Yogyakarta: STIE YKPN.

Priyanti, Novi. 2013. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Indeks.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Pengertian sistem menurut Marshall B Romney dan Paul

John Steinbart. In Sistem Informasi Akuntansi.

Wantah, M. J. (2015). Analisis Penerapan Psak No.1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Pada Perum Bulog Divre Sulut Dan Gorontalo. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Mulyani, S. (2015). Pengolahan Data Akuntansi

Menggunakan Zahir Accounting V.5.1 Pada

PT. Bertindo Jaya Raya Pengolahan Data

Akuntansi Menggunakan Zahir Accounting

V.5.1 Pada PT. Bertindo Jaya Raya. Sistem

Informasi Akuntansi, 53(9), 1689–1699.

Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yani,Ahmad.(2021).Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada PT.Tridika Putra Unggul Tangerang Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1. AKASIA, pp.43-53. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/akasia/article/view/480/413.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-26