Implementasi Data Akuntansi Keuangan pada Abang Bengkel Motor Menggunakan Zahir Accounting

Penulis

  • Siti Faizah Universitas Nusa Mandiri
  • Amalia Mayfriani Putri

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v2i1.1019

Kata Kunci:

Financial Data Implementation, Zahir Accounting, Motorcycle Workshop

Abstrak

Abstrak  - Abang Bengkel Motor merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif, dengan menawarkan jasa dan pasang untuk mengatasi kesulitan dalam sparepart motor dengan membeli kebutuhan tersebut pada Abang Bengkel Motor. Bengkel ini membutuhkan adanya suatu sistem terkomputerisasi untuk mempermudah membuat laporan keuangan. Sistem pencatatan keuangan di bengkel ini masih menggunakan cara yang manual, sehingga dalam pencatatan masih sering mengalami kesalahan-kesalahan, mulai dari transaksi keuangan, menyimpan data stok barang dan yang berhubungan dengan proses penjualan dan pembuatan laporan. Kurang akuratnya laporan yang dibuat serta sering adanya keterlamabatan dalam pencarian stok barang, dan memungkinkan terjadi kesalahan. Software Zahir Accounting merupakan solusi untuk memecakan permasalahan yang terjadi di bengkel ini. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi ini dapat mencapai laporan keuangan yang akurat dan mudah dipahami dibandingkan sebelumnya harus mencatat secara manual dan menghitung semua transaksi terlebih dahulu, metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan studi pustaka.

Referensi

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2).

Istiana, D., & Ariyati, I. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan Zahir Accounting Versi 5 . 1. 2(1), 11–20.

Mulyaningsih, T., Faizah, S., & Solecha, K. (2018). Pengolahan Data Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1. Information Management for Educators and Professionals, 2(2), 149–158.

Putri, P. A. Y., & Endiana, I. D. M. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi). Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 179–189.

Revita, M. L. D. E., Ariyati, I., & Rahmayani, F. (2019). Analisis Ratio Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1. Journal Management, :4 No.1(1), 1–40.

Syifaunnisa, U., & Faizah, S. (2018). Transaksi Data Keuangan PD. Mekar Wangi Abadi Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1. Bina Insani ICT Journal, 5(2), 113–122. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1024

Ulfah, A. K. (2018). Kinerja Personil Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Setelah Pelatihan Sistem Informasi Akuntansi Pada Polda Aceh. Jurnal Bisnis Administrasi, 7(2), 40–46.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-26