Pelatihan Aplikasi Google Classroom sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring pada TPQ Darul Hikmah Depok
DOI:
https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.634Keywords:
aplikasi, google classroom, pelatihan, pembelajaran daring, pandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru-guru TPQ Darul Hikmah tentang penggunaan aplikasi google classroom untuk pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Permasalahan yang dihadapi para TPQ Darul Hikmah belum dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (Daring) karena keterbatasan para pengajar dan orang tua siswa dalam pemanfaaatan Teknologi Informasi. Kebutuhan pokok TPQ Darul Hikmah adalah pemanfaatan Teknologi Informasi untuk pembelajaran jarak jauh yang menarik minat belajar para siswa. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi TPQ Darul Hikmah adalah memberikan pelatihan pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Metode Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di TPQ Darul Hikmah dalam bentuk pemanfaatan google classroom untuk tenaga pengajar. Pelaksanaan pelatihan secara jarak jauh menggunakan media conference dengan materi yang telah disusun sistematis. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini adalah keterampilan pengajar TPQ Darul Hikmah dalam memanfaatkan google classroom di masa pandemi meningkat menjadi 80%. Target luaran berupa publikasi di jurnal ilmiah cetak atau elektronik, artikel di media masa cetak atau elektronik, video kegiatan dan peningkatan keterampilan pengurus dan pengajar TPQ Darul Hikmah dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran jarak jauh.
References
El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281
Junaidi, A., & Yani, A. (2021). Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Ibu-Ibu PKK Kelurahan Gembor, Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/abditeknika
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V Sdn Jiwan 01 Madiun. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 83–88. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/837
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Haryani, Wati Erawati, Sofian Wira Hadi, Priatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.