Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Tuti Handayani Universitas Indraprasta PGRI
  • Alusyanti Primawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Natalia Tri Astuti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.510

Keywords:

Guru, Video Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Pandemi Covid 19 membuka tantangan besar bagi para guru adalah meningkatkan kompetensi memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran online atau yang dikenal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kompetensi Guru dan dukungan Orang Tua dalam menyediakan fasilitas pembelajaran online merupakan dua hal penting yang dimungkinkan saling mempengaruhi karena keduanya berdampak pada keberhasilan penyampaian materi ke siswa. Selain Guru dan Orang Tua, siswa merupakan tolok ukur utama dalam suksesnya belajar online. Kemampuan siswa dalam menerima materi belajar dari Guru yang disampaikan secara Daring. Oleh sebab itu, siswa memerlukan motivasi dari Guru melalui kreatifitas Guru dalam menyiapkan bahan ajar yang interaktif. Guru dapat menyediakan alternatif belajar melalui Video Pembelajaran yang menarik bagi siswa dan juga orang tua siswa karena keberadaan orang tua pada saat mendampingi siswa belajar dirumah juga menjadi hal yang penting. Video sebagai media pembelajaran siswa sekolah dasar dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa yang disertai dengan meningkatnya hasil belajar siswa selainnya itu Video Pembelajaran juga memenuhi kebutuhan belajar siswa Sekolah Dasar berada pada fase operasional konkret. Berdasarkan hal tersebut maka ditemukan permasalahan para guru di SDN 011 Lenteng Agung memerlukan pelatihan pembuatan Video Pembelajaran bagi siswa tingkat sekolah dasar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2021-10-06

How to Cite

Handayani, T., Primawati, A., & Tri Astuti, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 83-90. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.510