Pendampingan Edukasi Digital Entrepreneur Serta Literasi Digital dan Bahasa Bagi Masyarakat Kampung Jawa Malaysia

Authors

  • Muhammad Abdul Jabar Universitas Negeri Semarang
  • Ria Kholifatun Nadhiroh Universitas Negeri Semarang
  • Ryandi Kresna Anugerah Universitas Negeri Semarang
  • Savira Rinda Erliana Universitas Negeri Semarang
  • Edi Kurniawan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i2.4946

Keywords:

Literasi Digital, Wirausahawan, Kampung Jawa Malaysia

Abstract

Universitas Negeri Semarang dengan Universiti Teknologi Malaysia menjalin kerja sama untuk melakukan kegiatan pengabdian di Kampung Jawa, Selangor, Malaysia. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kedua negara melalui jalur akademik. Berdasarkan hasil observasi, terdapat beberapa permasalahan utama, seperti para wirausahawan yang masih belum memahami penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan berjualan. Pada bidang edukasi, masih banyak anak-anak kampung yang belum memiliki kemampuan public speaking dan literasi Bahasa Arab serta Bahasa Inggris yang baik, selain itu juga tidak bisa mengoperasikan aplikasi editing sederhana seperti Canva. Kebersihan lingkungan juga masih menjadi masalah, terutama sampah plastik dan rerumputan yang terdapat di Kolam Air Panas Kampung Jawa. Oleh karena itu, tim UNNES Giat Internasional berinisiatif untuk mengadakan beberapa kegiatan pengabdian, seperti pelatihan bisnis digital, pengajaran public speaking, kelas canva, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab, serta melakukan gotong royong. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah terbentuknya para wirausahawan yang mampu berbisnis digital melalui Instagram, serta menghasilkan logo dan banner yang menarik bagi usaha mereka. Mampu memberikan pengetahuan seputar Canva, public speaking, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris kepada anak-anak di Kampung Jawa, serta turut menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman melalui gotong royong di Kolam Air Panas dan Pusat Komuniti Desa Kampung Jawa.

 

Universitas Negeri Semarang and Universiti Teknologi Malaysia collaborated to conduct community service activities in Kampung Jawa, Selangor, Malaysia. This activity aims to strengthen relations between the two countries through academic channels. Based on the results of observations, there are main several problems, such as entrepreneur still do not understand the use of social media as a means of promotion and selling. In the field of education, there are still many village children who do not have good public speaking skills and Arabic and English literacy, besides that they cannot operate simple editing applications such as Canva. Environmental cleanliness is also still a problem, especially plastic waste and grass in the Kampung Jawa Hot Springs Pool. Therefore, the UNNES Giat Internasional team took the initiative to hold several community service activities, such as digital business training, public speaking lessons, Canva classes, English and Arabic Class, as well as communal work. The results achieved from this activity are the formation of entrepreneurs who are able to do digital business through Instagram, as well as produce attractive logos and banners for their businesses. Able to provide knowledge about Canva, public speaking, Arabic, and English to children in Kampung Jawa, as well as helping to create a clean and comfortable environment through mutual cooperation in the Hot Water Pool and the Kampung Jawa Village Community Center.

References

Asriandhini, B., Khasidah, N., Merliana, Kristika, N., & Pramudita. (2020). Pelatihan Dasar Public Speaking untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayaan Diri bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 71–84. http://dx.doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p71-84

Daherman, Y., & Moekahar, F. (2021). Pengaruh Metode Storytelling terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2), 313–328.

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal for Education Research, 1(1), 46–54.

Irmanda, H. N., & Astriratma, R. (2020). Klasifikasi Jenis Pantun dengan Metode Support Vector Machines (SVM). Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(5), 915–922.

Jalal, N. M., Gaffar, S. B., Syam, R., Syarif, K. A., & Idris, M. (2023). Pemberian Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keterampilan Presentasi di Depan Umum. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(2), 192–200.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 260–267.

Kemp, S. (2024). Digital 2024: Malaysia. Kepios. https://g.co/kgs/bn2SUAY

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4), 108–113.

Kusumasari, E.D., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. 3(1), 22-29. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1399

Mason, C., Azmi, W. N. W., & Madden, R. (2015). Aiming for Greater Financial Inclusion through Sustainable Development" The Story of AIM (Amanah Ikhtiar Malaysia) (1st ed.). Asian Institute of Finance.

Nadeak, S. N. (2022). Kajian Kepuasan Masyarakat Lokal pada Aspek Lingkungan Pariwisata Berkalnjutan di Simanindo. Talenta Conference Series: Energy and Engineering, 359–364.

Nazarah, H. (2017). Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Arab melalui Pemanfaatan Media Gambar pada Anak Kelompok B di RA Al-Jannah Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113.

Nuraisyah, Haryono, D., & Lutfiani. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sarjo (Membentuk dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda dan Pemula). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS). 2(2), 63-78. https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i2.1285

Purnomo, S. D., Winarto, H., & Kencana, H. (2022). Pengelolaan Sampah Berbasis Jiwa Gotong Royong. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 90–93.

Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 3(2), 180–189.

Rasyid, A. A., & Purwanti, A. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh Generasi Milenial Sebagai Media Bisnis Online di Kota Batam. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(12), 1–8.

Razak, D. A. (2020). The Effect of the Demographic Factors of Micro-Entrepreneur on Financial Literacy: Case of Amanah Ikhtiar Malaysia (AIM). International Journal of Business, Economics, and Law, 21(3), 47–56.

Salman, S., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna Meningkatkan Ketertarikan Konsumen pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2179–2184. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2536

Sandi, M. D., Hafriyuliani, & Rekhoardriad. (2024). Kreatif dengan Canva: Pelatihan Desain Grafis untuk Anak SDN 32 Kota Bengkulu. Journal of Human and Education, 4(4), 8–12.

Windarsih, C. A. (2015). Pembelajaran Interaktif untuk Memahami Bahasa Inggris Melalui Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p63-72.92

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Jabar, M. A., Nadhiroh, R. K., Anugerah, R. K., Erliana, S. R., & Kurniawan, E. (2024). Pendampingan Edukasi Digital Entrepreneur Serta Literasi Digital dan Bahasa Bagi Masyarakat Kampung Jawa Malaysia. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 107-116. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i2.4946

Issue

Section

Articles