Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media E-Marketing Untuk Pemasaran UMKN Karang Taruna Desa Kota Batu

Authors

  • Hilda Amalia Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ida Darwati
  • Nuzuliariani Nuris
  • Dinda Ayu Muthia

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.400

Keywords:

Media Sosial, E-Marketing, Pemasaran

Abstract

Perkembangan penggunaan media sosial merupakan suatu peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu teknik e-marketing yang mampu meningkatkan pemasaran produk. Dalam era digital dan pandemic covid 19 menuntut setiap orang untuk mampu melakukan aktivitas dari rumah. Untuk itu teknik e-martketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang menjadi kunci sukses dari kegiatan pemasaran suatu produk. Sosial media merupakan suatu aplikasi yang banyak digunakan oleh  banyak orang dan diakses setiap saat. Media sosial menjadi salah satu cara yang paling cepat dalam menyebarkan informasi. Masyarakat dapat dengan mudah medapatkan media informasi. Karang Taruna Desa Kota Batu merupakan suatu wadah kepemudaan pada kantor desa Kota Batu. Karang taruna memiliki UMKM yaitu produk masker N95.  Karang Taruna Desa Kota Batu menangkap peluang yang ada dari masa pendemic dengan menjaul maskter. Namun Karang Taruna Desa Kota Batu memiliki kesulitan dalam melakukan pemasaran produk. Untuk itu diperlukan suatu pelatihan pengelolaan Media Sosial  untuk bisa digunakan sebagai elektronik marketing (e-marketing). Sehingga Karang Taruna Desa Kota Batu mampu memanfaatkan media sosial dengan baik dan pada akhirnya mampu memperluas lingkup pemasaran serta mampu meningkatkan penjualan produk.

References

Mahendy, K. S. (2016). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin industri Kecil (APIK)Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 238-298.

Pribadi, A., Ghozali, K., Hidayanto, B. C., Hadifz, I., Muqtadiroh, F. A., Hafidz, M. A., et al. (2018). Pelatihan Teknik Sosial Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Produk Konveksi Kerudung 'AL Kattar' Di Kelurahan Merjosari, Malang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat SEWAGATI, 2(1), 53-59.

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 137-148.

Sukri, & Arisandi, D. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk KulinerUsaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Jurnal Buana Informatika, 235-242.

Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 230-277.

Downloads

Published

2021-10-06

How to Cite

Amalia, H., Darwati, I., Nuris, N., & Muthia, D. A. . (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media E-Marketing Untuk Pemasaran UMKN Karang Taruna Desa Kota Batu. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66-70. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.400