Survey Secara Online Menggunakan Google Form Pada Posyandu Seruni

Authors

  • Agus Junaidi 081318340588
  • Rachmat Hidayat Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Yani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Khairunnisa Zakaria Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.357

Keywords:

pengabdian masyarakat, kuesioner, google form

Abstract

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, banyak kegiatan yang tidak dapat dilakukan secara normal dengan bertemu dan berkumpul yang melibatkan banyak orang dalam sebuah acara. Hal ini dapat menjadi masalah jika harus melakukan pengumpulan data untuk keperluan penelitian maupun keperluan pribadi lainnya. Walaupun dimasa pandemi tetapi kegiatan untuk Ibu-ibu Posyandu juga harus tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi menjaga penularan virus corona. Untuk mengurangi kegiatan berkumpul yang tidak bisa dihindari beberapa kegiatan saat ini bisa dikombinasikan antara offline dan online dengan menerapkan kegiatan yang bisa dilakukan dengan daring (dalam jaringan / online). Misalnya ibu-ibu posyandu dapat mengisi kuesioner dulu melalui online untuk mengisi waktu kedatangan sebelum tiba di Posyandu. Dengan mengisi form online tersebut maka kegiatan berkerumun pada jam yang sama dapat dihindari dan terbagi dalam waktu yang tidak bersamaan. Selaku dosen Teknologi Informasi sudah selayaknya membagikan ilmu kepada masyarakat agar masyarakat juga mengetahui teknologi yang sederhana dan tepat guna. Oleh karena itu Pengabdian Masyarkat ini membahas tentang penggunaan Google Form untuk Ibu-ibu Posyandu Seruni dengan tujuan agar ibu-ibu posyandu juga dapat memanfaatkan google form ini untuk kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat berupa press release yang diterbitkan secara online dan jurnal pengabdian masyarakat.

Author Biography

Agus Junaidi, 081318340588

Universitas Bina Sarana Informatika

References

Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 12(1), 482–491.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (1), 39--50. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39–50.

Batubara, H. H. (2017). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 2(1), 39–44.

Junaidi, A., Yani, A., & Wahyudin. (2021). Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Ibu-Ibu PKK Kelurahan Gembor, Tangerang. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–12.

Warjiyono, W., Suryanti, E., Rousyati, R., Fatmawati, F., Tazali, I., Lisnawati, L., & Rosihyana, R. (2021). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Untuk Meningkatan Kualitas SDM Perangkat Desa Karangmangu. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 156–163.

Downloads

Published

2021-10-06

How to Cite

Junaidi, A., Hidayat, R., Wahyudin, W., Yani, A., & Zakaria, K. (2021). Survey Secara Online Menggunakan Google Form Pada Posyandu Seruni. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 91-95. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.357