Pemanfaatan Aplikasi Mendeley sebagai Sistem Manajemen Referensi untuk Mengoptimalisasi Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i2.2411Keywords:
Pemanfaatan, Mendeley, karya ilmiahAbstract
Karya ilmiah menjadi sesuatu yang tidak terelakkan dari civitas academica. Penulisan karya ilmiah menjadi faktor pendorong untuk mempelajari hal baru untuk membantu mereka dalam menghasilkan tulisan berkualitas. Sebagai bagian dari keterampilan penulisan karya ilmiah, manajemen referensi menjadi sesuatu yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu manajemen referensi adalah Mendeley. Maka dari itu, tujuan dari pengabdian yang diadakan dalam bentuk webinar ini adalah untuk memberikan informasi mengenai aplikasi Mendeley kepada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAN dan masyarakat umum. Webinar dilakukan secara daring melalui Zoom Meetings, di mana narasumber terpilih menyampaikan materi dan demonstrasi yang akan dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan peserta. Webinar ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang Mendeley sebagai aplikasi dalam menunjang manajemen referensi untuk penulisan karya ilmiah.
Scientific work is inevitable for the academic community. Writing scientific papers is a motivating factor for learning new things to help them produce quality writing. As part of scientific paper writing skills, reference management is something that students must master. One application that can be used to help with reference management is Mendeley. Therefore, the aim of this service held in the form of a webinar is to provide information about the Mendeley application to participants, with the hope that participants can understand the application in depth and have the skills to use it as a reference management application for writing scientific papers. The webinar was conducted online via Zoom Meetings and was attended by 49 participants, consisting of students from Tanjungpura University and Santo Agustinus Hippo Catholic University of Pontianak. Selected speaker deliver materials and demonstrations, which a discussion session with the participants will follow. The results of filling out the activity evaluation questionnaire showed that the webinar provided useful information and increased participants' understanding of the Mendeley application.
References
Anggraini, M., & Saleh, A. (2021). Pelatihan Mendeley bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1413–1420. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.7774
Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24853/an-nas.1.1.1-6
Faisal, M., Challen, A. E., & Sari, I. (2021). Building Mastery of Accounting Literature through Reference Management Software. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.53067/ijecsed.v1i1.4
Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4244
Fitriana, H. A., & Dewi, A. O. P. (2019). Pengaruh Pengajaran Mendeley Reference Management Software terhadap Ketepatan Penulisan Sitasi dan Daftar Referensi (Studi Eksperimental Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014 Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 241–250.
Herlawati, Khasanah, F. N., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter sebagai Media Interaksi dalam Pembelajaran Daring pada SMAN 14 Bekasi. JUCOSCO: Journal of Computer Science Contributions, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.1557
Husain, H., & Wardana. (2021). Implementasi Strategi Demonstrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 213–235. https://doi.org/10.30863/aqym.v4i2.2039
Meria, L., Nurhasanah, N., & Anwar, N. (2022). Pelatihan Manajemen Referensi Menggunakan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Media Abdimas, 1(2), 1–6.
Nurwahyu, & Nafisah, S. (2021). Efektivitas Mendeley sebagai Software Bantu untuk Manajemen Referensi. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 5(1), 45–76. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.45-76
Patak, A. A., & Akib, E. (2016). Hindari Plagiat dengan Mendeley. Gunadharma Ilmu.
Prabowo, R. E. (2014). Mengisi Kesenjangan antara Jumlah Hasil Penelitian Mahasiswa dalam Bidang Biologi dan Ketersediaan Media Publikasinya. Scripta Biologica, 1(1), i. https://doi.org/10.20884/1.sb.2014.1.1.38
Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.36308/abp.v1i1.178
Purnomoasri, R. A. D., Sungkono, K. K. D., Amhudo, R. L., Arbianto, R., Handoyo, S., Mulyandari, E., & Susila, H. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Menggunakan Microsoft Word dan Manajer Referensi Mendeley Menggunakan Media Pembelajaran Online (Zoom dan Live Streaming YouTube). GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.36728/ganesha.v2i01.1786
Purwanto, A., Pramono, R., Bernarto, I., Asbari, M., Santoso, P. B., Ong, F., Kusumaningsih, W., Mustikasiwi, A., Prameswari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Peluang dan Hambatan Publikasi Artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi: Studi Eksploratori pada Mahasiswa Doktoral di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 219–228. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.348
Puspita, F. M., Octarina, S., Yuliza, E., Indrawati, Wulandari, A., & Rachmaningtyas, D. (2021). Penggunaan Mendeley dan Endnote dalam Menyisipkan Sitasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 105–109. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.598
Rosadi, A., Marwiji, Muh. H., & Mariah, E. Y. (2022). Pelatihan Mendeley Desktop bagi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. IJCE: Indonesian Journal of Community Engagement, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.37471/ijce.v3i1.341
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” pada Kesiapan Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215–225. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329
Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar. JURPIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i1.279
Wicaksa, A. (2019). Pelatihan Penulisan Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Ilmiah. PLAKAT: Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mas Akhbar Faturrahman, Titin, Bagus Pratomo Nusantoro, Reny Radita Putri, Putri Novahisa, Nambisas Arum Kusuma Ayu, Klaudia Mareta Sandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.