Pemanfaatan Teknologi Sebagai Edukasi Dan Inovasi Pengembangan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.188Keywords:
memanfaatkan teknologi sebagai edukasi, video inovasi tanaman hidroponi, , Pandemi covid 19Abstract
Diera digitalisasi pemanfaatan teknologi sangat memegang peran penting dalam penyampain informasi kepada masyarakat. Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu kegiatan tridarma perguruan tinggi yang merupakan salah satu bentuk pengabdian dosen dan mahasiswa kepada masyarakat kegiatan ini dilaksanakan didesa padarincang dan pabuaran. Kegiatan pengabdian ini dengan mengkalaborasikan kegiatan yang diadakan oleh dosen dengan kelompok KKM 18 Untirta. Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana memanfaatkan teknologi sebagai edukasi dan inofasi pengembangan masyarakat di masa pandemi covid 19. Ada 5 kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Membagikan masker dan poster tentang protokol kesehatan, Video Tubing, Pembuatan Konten Inovasi Tanaman Hidroponik, Webinar dan Pemasangan Banner ,dari 5 kegiatan tersebut Video Konten Inovasi tanaman hidroponik lebih diminati dimasyarakat sekitarnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian di padarincang dan pabuaran adalah mengetahui minat dari masyarakat sekitar tentang pemanfaatan teknologi dimasa pandemic covid 19. Metode yang diterapkan dalam pemanfaatan teknologi sebagai edukasi dan inovasi pengembangan masyarakat di masa pandemi covid 19, observasi ( dilakukan sebelum kegiatan dilaksanan), wawancara ( dilakukan dengan perangkat desa dan masyarakat sekitarnya), pemanfaatan teknologi dengan melakukan penyuluhan secara daring (YouTube, Twitter, Instagram dan Facebook.).
Dari 5 kegiatan tersebut pembuatan Video Konten Inovasi tanaman hidroponik memiliki nilai lebih tinggi yaitu 97% dari kegiatan yang dilaksanakan tingkat keberhasilan lebih tinggi dari kegiatan yang lain
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Desmira, Didik Aribowo, Ratna Ekawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.