Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI)

Authors

  • Edy Subowo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Naufal Dhiyaulhaq Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ika Wahyu Khasanah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v2i2.1372

Keywords:

Artificial Intelligence, Thematic Academy, Guru SD

Abstract

Kementerian Kominfo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia berupaya melakukan pemerataan literasi dan meningkatkan kompetensi bidang TIK di seluruh wilayah dan kalangan masyarakat. Pelatihan Artificial Intelligence merupakan program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta daya saing SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional terutama kepada generasi muda dimulai dari murid Sekolah Dasar, dalam hal ini melalui guru yang berinteraksi dengan siswanya. Pengenalan AI bagi tenaga pendidik dilakukan secara online dengan platform aplikasi Zoom dengan pengajar bersertifikat dari Kominfo dan dilakukan dalam lima pertemuan meliputi pengenalan AI, aplikasi penunjang pembelajaran seperti Stratch, Quizizz, Teachable Machine, dan Poseblock. Bagi peserta yang lulus pelatihan akan mendapatkan e-Sertifikat dari Kominfo. Diharapkan dengan pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence bagi pengajar sehingga dapat disalurkan kepada murid-murid yang diajarnya. Peserta mengerjakan PraTest dengan Materi terkait pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk menunjang pembelajaran di Sekolah Dasar, sedangkan di akhir sesi dilakukan PostTest dengan materi yang sama dan soal yang berbeda, dengan pelatihan, peserta mendapatkan skor yang meningkat dengan rata – rata peningkatan skor adalah 37 point atau meningkat 76%

References

Mu’min, U. A. (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554070

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 179. https://doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.67

Sukma, Y. A. A., Kusumawardani, Q. D., & Wijaya, F. P. (2020). The Influence of Satisfaction Using Learning Management System on the Competencies of Digital Talent Scholarship Thematic Academy Participants. 504(ICoIE), 247–252. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.228

W. Juwono, “Survei Microsoft: Siswa Indonesia Ingin Belajar Coding di Sekolah,” pcplus, 2015. https://www.pcplus.co.id/2015/03/survei-microsoft-siswa-indonesia-ingin-belajar-coding-di-sekolah/ (accessed Agustus. 1, 2022)

M. I. Rosyadi, “Mulai Tahun Depan, Anak SD di Singapura Wajib Belajar Coding,” detikcom, 2019. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4621722/mulai-tahun-depan-anak-sd-di-singapura-wajib-belajar-coding (accessed Agust. 1, 2022)

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Subowo, E., Dhiyaulhaq, N., & Khasanah, I. W. . (2022). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 83-90. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v2i2.1372