Pelatihan Penggunaan Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Desa Palasari Girang

Authors

  • Desi Susilawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • A. Gunawan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Gunawan Gunawan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Denny Pribadi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v2i1.1124

Keywords:

pelatihan, surat masuk, surat keluar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak dalam berbagai bidang. Salah satu penggunaan teknologi informasi yang banyak digunakan yaitu dengan menggunakan jaringan intranet yang merupakan jaringan internal sebuah perusahaan. Desa Palasari Girang Kabupaten Sukabumi menganjurkan agar seluruh bagian memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam membantu proses pekerjaan khususnya dalam pengarsipan surat masuk dan surat keluar. Akan tetapi saat ini Desa Palasari Girang Kabupaten Sukabumi belum dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pengarsipan surat masuk dan surat keluar sehingga belum dapat menerapkan pengarsipan yang baik dan terstruktur. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor salah satunya adalah pembuatan laporan surat masuk dan surat keluar yang relatif lama sehingga sering tejadi ketidaksesuaian laporan surat masuk dan surat keluar. Aplikasi pengarsipan surat masuk dan surat keluar merupakan solusi untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada Desa Palasari Girang Kabupaten Sukabumi, serta dengan perancangan system ini dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada instansi ini.

References

Amrullah, A., Makhrus, M., Hadisaputra, S., Ilhamdi, M. L., & Sujana, I. M. (2020). Pelatihan Sistem Pengarsipan Data Berebasis WEB pada Tenaga Admin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1).

Nurrahmah, N. (2021). Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Pada Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Prawono, J. A., & Pamungkas, A. R. (2015). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Di STMIK AUB Surakarta. Informatika, 2(1).

Sihotang, H. T. (2019). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada

Pengadilan Tinggi Medan. 3(1), 6–9. https://doi.org/10.31227/osf.io/bhj5q

Website: jurnal.bsi.ac.id/index.php/abditeknika

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Susilawati, D., Gunawan, A. ., Gunawan, G., & Pribadi, D. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Desa Palasari Girang . Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43-49. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v2i1.1124

Issue

Section

Articles