Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Untuk Mendukung Wirausaha Warga Perumahan Griya Srimahi Indah

Authors

  • Andi Saryoko [Scopus ID: 57196050569] Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Susy Rosida Universitas Nusa Mandiri
  • Sartini Sartini Universitas Nusa Mandiri
  • Retno Sari Universitas Nusa Mandiri
  • Muhammad Fahmi Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v1i2.882

Keywords:

Griya Srimahi Indah, Internet, Pelatihan, Wirausaha

Abstract

Perangkat keras membantu menyelesaikan pekerjaan manusia dengan cepat, pada penggunaan perangkat keras tidak terlepas dengan ICT tetapi sayangnya belum semua masyarakat mengetahui penggunaan ICT dengan maksimal. Penggunaan teknologi informasi yang tepat guna memberikan manfaat yang baik untuk para penggunaanya, baik untuk belajar, bekerja maupun berwirausaha. Pada saat pandemi covid 19 saat ini membuat sebagian para warga RT.016 RW.008 Perumahan Griya Srimahi Indah terdampak dari segi pendapatan mereka. Terdapat beberapa keluarga mengalami kesulitan finansial akibat terjadinya pengurangan pendapatan, penurunan penghasilan maupun pemutusan hubungan kerja yang mengharuskan mereka berpikir kreatif untuk mendapatkan pendapatan lain dari finansial pokoknya dengan berwirausaha. Hal ini membuat pemanfaatan teknologi informasi terutama internet serta aplikasi pendukung lainnya  perlu di maksimalkan, maka diadakan pelatihan pemanfaatan internet sebagai sarana untuk mendukung wirausaha pada warga RT.016 RW.008  Perumahan Griya Srimahi Indah. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pada warga  Perumahan Griya Srimahi Indah terutama RT.016 RW.008 tahapannya adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan yang terdiri dari dua tahap, tahap 1 edukasi mengenai pemanfaatan internet, tahap 2 edukasi mengenai aplikasi canva untuk mendukung proses berwirausaha yaitu edukasi mengenai aplikasi canva yang dapat mendukung kegiatan berwirausahan warga pada Perumahan Griya Srimahi Indah, dan bagaimana cara membuat katalog produk menjadi lebih menarik dan enak di lihat oleh konsumen, Tahap yang ketiga adalah Monitoring dan Evaluasi. Tujuan pelatihan ini untuk membantu para warga untuk mendesain katalog produk dengan menarik yang mereka jual agar dapat meningkatkan minat beli masyarakat.

References

F. Frieyadie, N. Nurajijah, F. Amsury, D. N. Sulistyowati, and S. Fauziah, “Workshop Pemanfaatan Market Place Dalam Menunjang Pemasaran Produk Pada Komunitas Mersi Fans Club Dimasa Pandemik Covid-19,” J. AbdiMas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 43–48, 2020, doi: 10.33480/abdimas.v2i2.1923.

K. Mariskhana, N. Suharyanti, E. Suparni, A. Syahlani, and D. T. Anggarini, “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam E-Commerce Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Majelis Talim Hidayatul Mubtadiin,” J. AbdiMas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 55–62, 2020, doi: 10.33480/abdimas.v2i2.1924.

L. A. Utami et al., “Pelatihan Penggunaan Photoshop Dan Internet Marketing,” vol. 1, no. 2, pp. 5–10, 2019.

L. Fitri, S. Melan, O. Anggi, K. Herman, and Hendri, “Pelatihan Pengenalan E-Commerce Untuk Peningkatan,” Abdimas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 63–68, 2020.

Y. Purwati and L. Perdanawanti, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” J. Pengabdi. Mitra Masy. Vol., vol. 1, no. 1, pp. 42–51, 2019.

Downloads

Published

2022-11-05