Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Personal Branding Di Kalangan Milenial Pada Panti Asuhan Ar-Ridho Depok
DOI:
https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v1i2.653Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Sosial Media, Instagram, Personal BrandingAbstract
Abstrak
Penggunaan media sosial instagram lazim digunakan oleh anak muda sehingga menjadikan instagram sebagai media sosial yang sangat popular saat ini. Kepopuleran instagram tidak lepas dari kegunaanya sebagai sebuah jejaring sosial yang menggunakan foto sebagai alat komunikasi atau perantara sehingga memungkinkan penggunanya menciptakan galeri pribadi. Instagram memungkinkan para pengguna menampilkan foto kemudian mengeditnya melalui fitur yang tersedia. Kondisi tersebut memungkinkan instagram sebagai platform bagi para penggunanya untuk melakukan personal branding melalu foto yang diunggah serta melalui caption dan tagar. Penggunaan instagram tidak terkecuali digunakan oleh anak asuh di Panti Asuhan Ar-Ridho. Sebagai panti asuhan yang berusaha memenuhi hak-hak dasar serta pendidikan untuk anak tidak mampu, Panti Asuhan Ar-Ridho juga membekali anak asuhnya dengan ilmu agama serta ketrampilan dengan tujuan menjadi insan yang unggul di masyarakat. Dalam penggunaan instagram, perlu kecermatan dari para pengguna sehingga tercipta personal branding yang positif dalam galeri pribadi mereka. Panti Asuhan Ar-Ridho telah berusaha menempatkan diri sebagai lembaga sosial yang amanah, akuntabel, professional, dan transparan. Hal tersebut salah satunya akan ditunjang oleh aktivitas anak asuh di panti yang menggunakan media sosial instagram secara baik sehingga tercipta personal branding yang positif.
Kata Kunci: Personal Branding; Sosial Media; Instagram
Â
Abstract
The use of social media Instagram is commonly used by young people, making Instagram a very popular social media today. Instagram's popularity cannot be separated from its usefulness as a social network that uses photos as a communication tool or intermediary so that it allows users to create personal galleries. Instagram allows users to display photos and then edit them through the available features. This condition allows Instagram as a platform for its users to carry out personal branding through uploaded photos as well as through captions and hashtags. The use of Instagram is no exception to be used by foster children at the Ar-Ridho Orphanage. As an orphanage that strives to fulfill basic rights and education for underprivileged children, Ar-Ridho Orphanage also provides its foster children with religious knowledge and skills with the aim of becoming superior people in society. In using Instagram, users need to be careful so that positive personal branding is created in their personal gallery. Ar-Ridho Orphanage has tried to position itself as a social institution that is trustworthy, accountable, professional, and transparent. One of these will be supported by the activities of foster children in the orphanage who use Instagram social media well so as to create positive personal branding.
Keywords: Personal Branding, Social Media, Instagram
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Angestika Wilandari, Moehammad Shadiq Helmy, Vicky Windasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.