Pendampingan Pengembangan Bisnis Umkm: Peluang Dan Tantangan Umkm Anggota Persatuan Srikandi Kreatif Indonesia Daerah Aceh
DOI:
https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v4i1.3159Keywords:
Peluang, Pengembangan Bisnis, TantanganAbstract
Pelaksanaan bisnis memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Kreativitas dalam dunia bisnis, yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi, telah mengubah cara pandang pelaku bisnis dalam menjalankan usaha mereka. Hal ini tidak hanya berlaku untuk bisnis skala besar, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh sektor UMKM untuk keperluan pemasaran. UMKM PERSIKINDO di Daerah Aceh diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan terkait kreativitas bisnis. Oleh karena itu, Tim Dosen dari FE Universitas Muhammadiyah Aceh dan UIN Arraniry melakukan kolaborasi pelaksaan kegiatan pendampingan pengembangan bisnis UMKM dengan melihat aspek peluang dan tantangan UMKM anggota PERSIKINDO daerah. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM PERSIKINDO dalam memanfaatkan peluang-peluang dan kebutuhan operasional bisnis dan melihat strategi untuk menghadapi tantangan yang dapat menyebabkan kegagalan dalam pengembangan usaha. Peserta pelatihan bersemangat dan narasumber pun mampu menciptakan diskusi dua arah yang baik. Hasil evaluasi dan pengawasan yang dilakukan, hasil penerapan pendampingan, peserta sudah menerapkan 72% memasukkan media sosial ke dalam strategi promosi untuk pengembangan usahanya.
References
Adinugroho, M., Sari, R., & Rasyid, R. A. (2023). Pelatihan copywriting sebagai sarana komunikasi sebuah brand dan strategi meningkatkan penjualan di sosial media instagram. Indonesia Berdaya, 4(3), 895–902. https://doi.org/10.47679/ib.2023493
Cwts.ugm.ac.id. (2022). Peluang dan Tantangan Pemberdayaan UMKM di Kawasan Ekonomi Khusus. Pusat Studi Perdagangan Dunia, Universitas Gajah Mada. https://cwts.ugm.ac.id/2022/03/16/peluang-dan-tantangan-pemberdayaan-umkm-di-kawasan-ekonomi-khusus/
Edy Sutrisno. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Umkm dan Pariwisata. Jurnal Lemhannas RI, 9(1). https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.385
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2). https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Harjowiryono, M., & Siallagan, W. A. (2021). Studi Kasus Intervensi Pemerintah Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 6(3). https://doi.org/10.33105/itrev.v6i3.425
Maydiantoro, A., Jaya, M. T. B. S., Hestiningtyas, W., & Rahmawati, R. (2021). Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di Era New Normal. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(6). https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i6.5293
Pemerintah_Kabupaten_Aceh_Besar. (2023). Pj Bupati Aceh Besar Harapkan UMKM Go Nasional. Beranda Ekonomi. https://acehbesarkab.go.id/berita/kategori/ekonomi/pj-bupati-aceh-besar-harapkan-umkm-go-nasional
Pemerintah_Kota_Banda_Aceh. (2020). Wali Kota Sebut Pemasaran Jadi Tantangan UMKM Lokal. Admin_Humas. https://bandaacehkota.go.id/berita/26605/wali-kota-sebut-pemasaran-jadi-tantangan-umkm-lokal.html
Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Rif’ah, S. (2022). Optimalisasi Wisata Halal Di Pantura Lamongan Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Di Era New Normal. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 5(2). https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v5i2.1161
Riwoe, F. L. R., & Mulyana, M. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(1). https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i1.1389
RRI.co.id. (2023). Era Digital, Tantangan Ataukah Peluang Bagi UMKM? Rri/Editorial. https://www.rri.go.id/aceh/editorial/1958/era-digital-tantangan-ataukah-peluang-bagi-umkm
Safitri, I. (2020). Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19. Univesitas Negeri Yogyakarta, 19804244029.
Saraswati, E., Kristianto, G. B., & Yuliarti, L. (2023). Sistem Informasi Akuntansi Menjadi Elemen Penting dalam Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3). https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Tajuddin, I., Toding, A., Roreng, P. P., & Palullungan, L. (2021). Strategi Dan Arah Kebijakan Pemulihan Ekonomi Kota Makassar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1).
Yulianto, F. A. (2022). Digipay dan UMKM dalam Kerangka Pelaksanaan Qanun Aceh. Kementrian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/3955-digipay-dan-umkm-dalam-kerangka-pelaksanaan-qanun-aceh.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Surna Lastri, Syamsidar Syamsidar, Evriyenni Evriyenni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.