Pelatihan Manajemen Waktu Sebagai Pendorong Semangat Belajar Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Al-Ma’un

Authors

  • Susan Rachmawati UBSI
  • Eigis Yani Pramularso Universitas BSI
  • Imelda Sari Universitas BSI
  • Dedy Syahyuni Universitas BSI
  • Siti Nur Hafshah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Vina Octafia Andini Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v3i2.2956

Keywords:

Manajemen Waktu, Semangat Belajar, Panti Asuhan Al-Ma’un

Abstract

Pengelolaan manajemen waktu merupakan aktivitas yang dapat dilakukan secara teratur sehingga nantinya tercapai apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Manajemen waktu dapat berupa arahan atau pengingat tentang pentingnya waktu sehingga perlu dikelola dengan baik. Peran yang penting ini tentu menjadi tantangan agar  manajemen waktu dapat dikelola dan dapat diimplementasikan. Berkaitan dengan manajemen waktu untuk Panti Asuhan Al-Ma’un masih memiliki permasalahan yaitu  kurangnya pemahaman tentang manajemen waktu, manfaat dan penerapannya yang belum optimal. Oleh karena itu, perlu adanya solusi dalam manajemen waktu bagi penghuni Panti Asuhan Al-Ma’un yaitu dengan memberikan pelatihan dan pengetahuan manjemen waktu sebagai salah satu sarana yang nantinya digunakan sebagai pendorong semangat belajar bagi Anak-Anak Panti Asuhan Al-Ma’un dengan lebih baik lagi ke depannya. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan melalui kerjasama antara dosen & mahasiswa UBSI dengan Panti Asuhan Al-Ma’un secara tatap muka. Materi yang disampaikan diantaranya memberikan pemahaman mendasar mengenai manajemen waktu dan selanjutnya memberikan arahan manfaat dan tips atau cara penggunaan terkait manajemen waktu, serta semangat dan motivasi kepada peserta agar dapat meningkatkan prestasi melalui manajemen waktu. Metode pelaksanaan terkait pengelolaan waktu yaitu dengan melakukan observasi untuk melihat gambaran mengenai kegiatan Panti Asuhan Al-Ma’un dan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Tahap pelaksanaannya memberikan pelatihan dan pemahaman tentang manajemen waktu dengan memberikan materi secara langsung. Hasil yang diperoleh setlah melaksanakan PkM yaitu pemahaman dan pengetahuan peserta tentang manajemen waktu diharapkan menjadi meningkat yang terbukti setelah dilakukannya evaluasi dan pengisian kuesioner.

 

 

References

Abi ACJ, S. K. (2019). Peran Time Management Terhadap Perilaku Dan Persepsi Mahasiswa Dalam Organisasi. Competence J Manag Stud, 12 (2).

Apriyanti ME, S. S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilib J Pendidik, 9 (1).

Juliasari, N. K. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Se-kecamatan Danurejan Yogyakarta. Union : jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 405-412. https://core.ac.uk/download/pdf/230371399.pdf.

Kompri. (2016). Motivasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Letisha, Z. (2016). Trik juara mengatur waktu. Jakarta Selatan: Gagas Media.

Lia, S. &. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Maryana, R. N. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group .

Ridho, M. (2012). Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video Smk Muh. Kutowinangun Kebumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

S, M. (2020). Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). JAM (Jurnal Anal Manajemen), 6 (1).

Sardiman, A. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, F. A. (2022). Sosialisasi Penyuluhan Pentingnya Manajemen Waktu Untuk Mendorong Motivasi Belajar Khususnya Siswa Kelas 1 SD IT Nurul Ikhlas di Kota Padang. Communnity Dev J, 3 (2).

Setiawan, Y. P. (2023). Pelatihan Manajemen Waktu Karyawan Pt. X Bidang Kontraktor Interior. J Pengabdi Masy Indones, 3 (1).

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Veta, L. R. (2019). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Araisiyah. Jurnal Abdimas Tridharma Manajemen, 1 (1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1876067.

Wiwik, C. D. (2019). Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2 (2). pp.300-310. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/4908/2675.

Yuswardi., &. R. (2016). Manajemen waktu mahasiswa kurikulum berbasis kompetensiFakultas keperawatan universitas syiah kuala. Idea Nursing Journal, VII (3). www.jurnal unsyiah.ac.id.

Downloads

Published

2023-11-28