Pendampingan UMKM Ipunk Snack and Coocies Dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Usaha Perekonomian Menggunakan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Andi Saryoko [Scopus ID: 57196050569] Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Susafa'ati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Ardiansyah
  • Nur Kholis

Keywords:

Ipunk Snack & Cookies, Lentera UMKM, UMKM, Pandemi

Abstract

Indonesia mendorong UMKM agar dapat bangkit dan berkembang meskipun di masa pandemi Covid-19. Dimulai dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditantang untuk dapat eksis dan bertahan menghadapi segala bentuk ancaman yang ada, mulai dari merosotnya daya beli masyarakat hingga berakibat jatuhnya UMKM karena kondisi yang tidak stabil. Dalam menjaga dan mengantisipasi adanya penyebaran virus Covid-19 maka UMKM harus pandai-pandai beralih dari penjualan konfensional ke penjualan online dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Rumusan masalah dari pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya terutama dalam memasarkan produknya di masa pandemi dan dapat memanfaatkan platform atau teknologi sehingga tidak perlu melakukan kontak langsung dengan pembeli. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini melakukan pendampingan dan memberikan pembinaan secara terpadu kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bantuan teknologi yang ada saat ini.

References

Era, M., Rosyida, S., Sari, R., Saryoko, A., & Ramanada, K. (2020). Pelatihan Komputer Untuk Anak-Anak Yayasan Yatim Piatu Dan Sosial Irma Dalam. 2(1), 2–4.

Ismail, N. R., & Wardhani, A. R. (2020). Transfer Pengetahuan Melalui Pelatihan E-Commerce Dalam Pemberdayaan UKM Dewi-Dewi Di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4, 22–29. http://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/view/401/382

Kurnia, S., Choudrie, J., Mahbubur, R. M., & Alzougool, B. (2015). E-commerce technology adoption: A Malaysian grocery SME retail sector study. Journal of Business Research. Elsevier B, 68, 1906–1918.

Suci, R. P. (2013). Analysis Strategy for Small and Medium Business Development Policy Gresik District in East Java. IOSR Journal of Business and Management, 8, 1–9.

Downloads

Published

2021-03-23

Issue

Section

Articles