Pemetaan Potensi UMKM di Padukuhan Sangkrek Kalurahan Hargorejo

Authors

  • Muhammad Eko Atmojo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Awang Darumurti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Helen Dian Fridayani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v3i2.2434

Keywords:

Pemetaan, UMKM, Hargorejo

Abstract

Desa Hargorejo merupakan desa yang mempunyai banyak potensi, dari mulai potensi, pertanian, pariwisata sampai dengan potensi UMKM. Selain itu desa Hargorejo juga menjadi salah satu desa yang mempunyai produk unggulan gula kristal. Mengingat sejak adanya Pandemi Covid-19 ini banyak sekali UMKM yang berhenti untuk sementara waktu, untuk itu dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan etos kerja masyarakat di sektor UMKM maka perlu adanya inovasi. Inovasi yang dimaksud salah satunya pada bidang pemasaran dan branding menggunakan teknologi informasi. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka ada beberapa tawaran solusi yang diberikan, terutama untuk meningkatkan kembali daya saing UMKM di Padukuhan Sangkrek Desa Hargorejo. Adapun solusi yang ditawarkan melalui program program KKN-PPM ini diantaranya adalah (1) Pelatihan Branding dan pemanfaatan teknologi untuk produk UMKM, (2) Pelatihan pengemasan dan pemasaran produk melalui media sosial. Metode atau konsep kegiatan yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah dengan beberapa langka, yaitu: Pertama, melakukan survei mengenai sektor UMKM yang membutuhkan pelatihan pemasaran melalui media sosial, Kedua, melakukan pendataan dan pemetaan sektor UMKM unggulan, terutama mengenai pentingnya branding dan strategi pemasaran melalui media sosial, Ketiga, melakukan pelatihan packaging dan pemasaran produk ke media sosial.

Downloads

Published

2023-12-18