Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM

Authors

  • Hanung Atmaja universitas tidar
  • Gentur Jalunggono Universitas Tidar
  • Dian Marlina Verawati Universitas Tidar

Keywords:

UMKM, Laporan Keuangan, SAK EMKM

Abstract

Laporan Keuangan digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi kinerja keuangan. Dari laporan keuangan kita dapat memperoleh informasi keseluruhan mengenai kondisi keuangan dalam suatu usaha yang dapat digunakan sebagai dasar membuat kebijakan dan keputusan para pengusaha untuk dapat mengembangkan usahanya. Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan di mitra UMKM Berkah Abadi Magelang yang bergerak di bidang kuliner atau makanan ringan. Program ini bertujuan untuk mengetahui kendala – kendala atau masalah yang dialami oleh para pelaku UMKM dan memberikan solusi atau cara mengatasi dan memperbaiki kendala atau masalah pada mitra. Kendala atau masalah tersebut belum memiliki sistem laporan keuangan yang memenuhi standar SAK EMKM. Dalam sistem pembukuan yang dilakukan mitra sejauh ini hanya mencatat modal, pencatatan pemasukan dan pengeluaran saja. Hal itu terjadi karena belum adanya pelatihan dan pembinaan kepada mitra terkait pembukuan yang memenuhi standar SAK EMKM. Selanjutnya permasalahan mitra yang kami temui sebagai bahan pelatihan dan pembinaan agar mitra dapat berkembang maju dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar dengan mampu mempraktekkan sistem pembukuan yang memenuhi standar SAK EMKM. Pemilihan dasar laporan keuangan yang memenuhi standar SAK EMKM ditujukan untuk entitas mikro kecil dan menengah sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2008 yang mengatur tentang UMKM. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah metode ceramah, tutorial dan diskusi.

References

Fitriyati, H. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal Ekonomi IAIN.

Shonhadji, N., A, L. A., & Djuwito. (2017). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM di Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2017 (Vol. 1, pp. 130–136). Retrieved from http://senias.uim.ac.id/index.php/senias_2017/article/view/32

Soodsang, N. (2013). Bamboo Basketry Design Development bases on Thai Wisdom Preservation. International Jurnal of Business and Social Science, 6(7), 140–141.

Supriyanto. (2005). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemsikinan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(1).

Suresh, & Mohideen, A. (2010). Research and Markets: Micro, Small and Medium Enterprises (MSMES) in the Indian Economy. Business Development Strategies. Retrieved from www.ijmrr.com

Wahyuning, P. (2014). Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kluster Kerajinan Di Kota Depok Menggunakan The House Model. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(2).

Downloads

Published

2021-03-23

Issue

Section

Articles