Pelatihan Copywriting For Marketing

Authors

  • Susan Rachmawati UBSI
  • Eigis Yani Pramularso
  • Imelda Sari
  • Dedy Shahyuni

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v3i1.1893

Keywords:

Copywriting, Marketing, UMKM Naik Kelas Kota Bekasi

Abstract

Pengelolaan pemasaran menjadi upaya perusahaan terkait kegiatan terencana dan menyeluruh dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar dengan tujuan utamanya untuk memaksimalkan keuntungan melalui strategi penjualan. Salah satu pengelolaan terbaru di era 4.0 yang dapat dilakukan adalah mengelola pemasaran yang juga terkait dengan era digital dimana pemasaran digital ini merupakan strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Berkaitan dengan pengelolaan pemasaran digital ini mitra masih mempunyai permasalahan berupa masih banyak pengetahuan atau wawasan dari anggota  yang kurang dalam pemahaman digital marketing termasuk copywriting yaitu masih kurang menarik dalam melakukan penyajian tulisan produk yang ditawarkan.  Oleh karena itu, perlu adanya solusi dalam pengelolaan digital marketing bagi anggota Komunitas UMKM Naik Kelas. Solusi yang dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang pengetahuan pengelolaan digital marketing termasuk didalamnya terkait copywriting sebagai salah satu sarana yang nantinya digunakan dalam mengelola pemasaran produk dengan lebih baik lagi ke depannya. Pelaksanaan PkM dilakukan bekerjasama dengan Komunitas UMKM Naik Kelas melalui aplikasi zoom meeting. Materi yang disampaikan pada PkM terkait dengan pelatihan copywriting for marketing bagi anggota Komunitas UMKM Naik Kelas. Metode pelaksanaan kegiatan PkM yaitu dengan melakukan observasi untuk melihat gambaran mengenai kegiatan Komunitas UMKM Naik Kelas dan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Tahap pelaksanaannya memberikan pelatihan dan pemahaman tentang pengelolaan pemasaran malalui pelatihan copywriting for marketing dengan memberikan materi secara langsung melalui zoom meeting. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan PkM yaitu pemahaman dan pengetahuan peserta menjadi bertambah hal itu terbukti setelah dilakukannya evaluasi dan pengisian kuesioner.

 

References

Jayatanti, F. D., Isnawati, S. I. and Widagdo, T. H. (2022) ‘Teknik Copywriting Harga Untuk Marketing Online Bagi Pelaku Umkm Kerajinan Dan Souvenir Di Desa Pucang, Kabupaten Magelang’, Bakti Humaniora, I(2), pp. 21–27.

Nugroho, F. and Asruddin, A. (2022) ‘Pelatihan Penggunaan Copywriting bagi Komunitas Kubependa Rawalumbu Bekasi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(3), pp. 62–68. Available at: https://www.journal.hdgi.org/index.php/jpmg/article/view/67.

Nurngaeni, A. (2021) ‘Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap)’, AmaNU:Manajemen dan Ekonomi, 4(2).

Sumarsid, S. and Paryanti, A. B. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi)’, Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), pp. 70–83. doi: 10.35968/m-pu.v12i1.867.

Supriatna, D., Surjadi, J. and Rahayuningsih, D. A. (2022) ‘Penerapan Digital Marketing Melalui Teknik Copywriting Dan SEO Bagi UMKM’, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), pp. 83–94. doi: 10.24912/jbmi.v5i1.18400.

Yusuf, M. Y., Rahiem, V. A. and Fitrananda, C. A. (2022) ‘Pelatihan Copywriting Dan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Sentra Usaha Di Kelurahan Buah Batu Kota Bandung’, Jurnal ABDI KAMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1).

Downloads

Published

2023-05-10