Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Omah Wedangan Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v3i1.1817Keywords:
instagram, tiktok, pemasaran digitalAbstract
Persaingan yang semakin sengit dengan pelaku usaha yang mempunyai produk sama juga mempengaruhi tingkat penjualan dan pendapatan. Terjadi pergerakan perubahan penjual yang semula dilakukan secara luring beralih menjadi daring. Omah Wedangan Mojosongo termasuk salah satu UMKM yang ikut berdampak akibat krisis ekonomi ini. Omah Wedangan Mojosongo merupakan bisnis kuliner yang mula-mula didirikan oleh Gereja Kristen Jawa Mojosongo Surakarta. Pemasaran digital memberikan dampak yang sangat positif terhadap apa yang menjadi tujuan perusahaan yaitu target perusahaan yang harus dicapai dengan melakukan keputusan transaksi pembelian produk bisnis yang dijual. Saat ini aplikasi instagram dan tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan untuk kegiatan pemasaran digital ini. Dengan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembuatan instagram dan tiktok diharapkan dapat dijadikan inovasi dalam pemasaran secara digital untuk menambah ketertarikan konsumen membeli produk yang ditawarkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian mulai dari penyampaian materi, demonstrasi dan praktik langsung membuat konten instagram dan tiktok.
References
Arrofi, Abduhakim; Hasfi, Nurul. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua-Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Jurnal Interaksi Online, 7(3), 203-208, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24143
Bulele, Yohana Noni. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, [S.l.], 1(1), 565-572, <https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463
Damayanti, Trie; Gemiharto, Ilham. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak Di Bawah Umur Di Indonesia. Jurnal Communication 10(1), 1-15 http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809
Kristianto, Agus; Setyadi, Heribertus Ary. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Instagram Dan Facebook Untuk Meningkatkan Penyebaran Infrmasi Dan Penjualan Motor Roda Tiga Nozomi Di Solo Raya.
Meiriasari, Vhika; Havivi, Siti Lady. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Panhead Café. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 4(1), 9-12. https://doi.org/10.32524/jamc.v4i1.315
Praditasetyo, Dovan; Saputri, Marheni Eka. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. EProceedings of Management, 8(5). 6507-6515.https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16517
Pramusinta, Billa Dea. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Coffee Marroan” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik, 2(2), 1-15. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/1225
Purwanto, Riyadi; Hafsarah, Ratih; Somantri, Oman; Perdanawanti, Linda; Fadilah. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Petani Hortikultura Cilacap. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 05(03), 287-296. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.7974
Rasyid, Masdar Helmy. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PRO SNAMPAS) 3(1), 352-358. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/584
Sari, N. M. (2022). Application of Digital Marketing in the Covid-19 Era at the Indonesian Muslim Entrepreneurs Association (IPEMI PC KURANJI) Padang City. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan,3(1). https://doi.org/10.53697/emak.v3i1
Solikah, Mar’atus; Kusumaningtyas, Dian. (2022). Tik Tok Shop : Quality System And Marketing Mix On Consumer Satisfaction Of Online Shopping. Proceeding 2nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS) STIESIA. 877-887. https://ojsicobuss.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/255.
Sukmasetya, Pristi; Apriyani, Heni; Wahyuni, Tri; Wulan, Budi Setyo; Nugroho, Wisnu; Ardiyansah, Ahmad Husen. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB, 4(3), 322-328. http://dx.doi.org/10.30591/japhb.v4i3.2331.
We Are Social. (2021, February 11). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report2021/
Wibowo, Arief; Wahyudi, Widi; Utari, Dyah Retno. (2021). Media Sosial Sebagai Solusi Pemasaran Umkm Yang Adaptif Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 04(06), 558-566. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8148
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sundari Sundari, Meikhati Ety
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.