Pelatihan Optimalisasi Whatssap Business Untuk Akselerasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Ina Maryani Universitas Nusa Mandiri
  • Sopian Aji Universitas Nusa Mandiri
  • Safitri Linawati Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1648

Keywords:

ASPIKMAS, Penjualan, Platform Digital, UMKM, WA Business

Abstract

Aspikmas (Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Banyumas) adalah asosiasi yang mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas untuk lebih maju dan berkembang. Asosiasi ini sudah menaungi lebih dari 5000 anggota UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh aspikmas atau para pelaku UMKM adalah diantaranya modal, promosi dan penjualan. Melihat kondisi tersebut malalui kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pelatihan dengan menggunakan pemanfaatan platform-platform digital salah satunya adalah menggunakan fitur Whatssap Business. WhatsApp Business adalah aplikasi yang gratis dan dapat diunduh pada Android dan iPhone, dan didesain untuk pemilik bisnis kecil. WhatsApp Business akan membuat interaksi penjual dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk membuat profil bisnis, membuat katalog pruduk, mengautomasi, menyortir,  dan membalas pesan dengan cepat. Metode pengabdiban masyarakat adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dengan menyediakan tutor untuk menjelaskan materi mengenai penggunaan Whatsapp Business. Tujuan pelaksanaan program pengabdian masyarakat adalah para pelaku UMKM dapat memanfaatkan Whatssap Business untuk dapat digunakan sebagai media dalam proses pengembangan usaha, untuk penjualan produk dan meningkatkan transaksi penjualan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat peserta mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan Whatsaap Business sebagai media promosi dan penjualan produk dari UMKM, hal ini diperkuat dengan sebanyak 47% menjawab bermanfaat dan 53 % menjawab sangat bermanfaat.

Downloads

Published

2022-11-25