Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Ms.Excel Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Dilingkungan Karang Taruna

Authors

  • Mochammad Abdul Azis Universitas BIna Sarana Informatika
  • Ahmad Al Kaafi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Leliyanah Leliyanah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Suparni Suparni Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1628

Keywords:

Aplikasi Office, Karang Taruna, SDM

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat di kalangan masyarakat, membuat masyarakat tertarik untuk memberi kemudahan dalam segala aktifitasnya. Hal ini membutuhkan keterampilan yang terlatih karena banyaknya software untuk mendukung aktifitas kerja sehari-hari. Karang Taruna selain menjadi organisasi kepemudaan juga sekaligus menjadi wadah untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung sosial untuk generasi muda. UKKT RW.06 juga mempunyai banyak kegiatan yang diadakan seperti pelatihan/edukasi, bakti sosial, kerja bakti dan lain sebagainya. Program ini bertujuan untuk mengetahui kendala atau masalah yang dialami oleh UKKT RW.06  dan memberikan solusi atau cara mengatasi dan memperbaiki kendala atau masalah pada organisasi UKKT. Kendala atau masalah tersebut belum memiliki sistem laporan pencatatan dan pendataan yang lebih efektif dan lebih efisien. Pencatatan dan pendataan yang dilakukan secara sederhana seperti masih menggunakan buku besar dalam pencatatan, tidak adanya arsip digital yang dapat dilihat kembali, dan minimnya pengetahuan dalam hal pengoperasian aplikasi penunjang aktifitas (office) membuat pendokumentasian, pencatatan dan pelaporan kegiatan Karang Taruna tidak terorganisir dengan rapih. Selanjutnya permasalahan mitra yang kami temui sebagai bahan pelatihan dan pembinaan agar mitra berkembang lebih maju dengan mampu mempraktekkan sistem pencatatan dan pendataan  dengan lebih efisien. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat adalah berupa webinar/workshop secara hybird memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar membuat laporan keuangan dan kegiatan karang.

References

Julaeha, Siti, and Somawati Somawati. 2019. “Sosialisasi Pengoperasian Microsoft Excel Untuk Administrasi Data Matematis Pada Karang Taruna.” Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 2(03): 280. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3067.

Kaafi, Ahmad Al Kaafi, Leliyanah Leliyanah, Suparni Suparni, and Mochammad Abdul Azis Azis. 2022. “Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Website Pada Remaja Islam Masjid At-Taubah Jakarta Menuju SDM Unggul.” Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 50–55. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v2i1.1131.

Marlinda, Linda et al. 2019. “Implementasi Microsoft Word Untuk Mengolah Laporan Kegiatan.” Jurnal Abdimas UBJ: 61–69.

Prasetiyo, Wibowo Heru, and Sri Gunarsi. 2019. “Fabrikasi Fitnah Dan Gerakan Dakwah Pemuda: Penguatan Literasi Media Dan Pengelolaan Media Sosial Pada Organisasi Kepemudaan Masjid Forsam Klaten Selatan.” URECOL 9(2): 54–63.

Rosita, Yesy Diah, and Luki Ardiantoro. 2018. “Pelatihan Pemrograman Aplikasi Microsoft Office Sebagai Bentuk Pengembangan Iptek Remaja.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan: 625–30.

Downloads

Published

2022-11-25