Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan dalam Meminimalkan Risiko

Authors

  • Susan Rachmawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eigis Yani Pramularso Universitas Bina Sarana Informatika
  • Imelda Sari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dedy Shahyuni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Teddy Shandro Sihombing Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1526

Keywords:

Pengelolaan Keuangan, Minimal Resiko, UMKM KADIN Indonesia Kota Bekasi

Abstract

Salah satu bidang operasional usaha yang menjadi penting bagi perusahaan adalah bidang keuangan. Fungsi keuangan menjadi salah satu proses manajemen yang dimulai dari perolehan dana yang nantinya akan digunakan untuk memajukan perusahaan sehingga perlu dikelola secara baik dan kerugian juga dapat diminimalisir nantinya. Peran yang penting ini tentu menjadi tantangan manajemen agar dapat mengelola bidang keuangan ini dengan lebih optimal. Salah satu pengelolaan yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan dan menyesuaikan pengelolaan laporan keuangan yang dapat meminimalisir risiko. Berkaitan dengan pengelolaan keuangan, anggota UMKM masih mempunyai permasalahan dalam  kurangnya pengetahuan dalam perencanaan keuangan, pemahaman fungsi dan tujuan pengelolaan keuangan yang belum optimal. Solusi yang dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang pengetahuan pengelolaan keuangan sebagai salah satu sarana yang nantinya digunakan bagi anggota UMKM dalam mengelola keuangan dengan lebih baik lagi ke depannya. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan bekerjasama dengan KADIN Indonesia Kota Bekasi melalui aplikasi zoom meeting. Materi yang disampaikan pada Pengabdian Masyarakat terkait dengan pelatihan pengelolaan keuangan bagi anggota UMKM seperti memberikan pemahaman mendasar mengenai tujuan pengelolaan dan fungsi pengelolaan keuangan dan memberikan pelatihan praktis tentang perencanaan keuangan. Metode pelaksanaan terkait pengelolaan keuangan yaitu dengan melakukan observasi untuk melihat gambaran mengenai kegiatan UMKM KADIN Indonesia Kota Bekasi dan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Tahap pelaksanaannya memberikan pelatihan dan pemahaman tentang pengelolaan keuangan dengan memberikan materi secara langsung melalui zoom meeting. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan pengabdian masyarakat yaitu pemahaman dan pengetahuan peserta menjadi bertambah hal itu terbukti setelah dilakukannya evaluasi dan pengisian kuesioner.

References

Anismadiyah, V. et al. (2021) ‘Financial Planning for Millenials in Pandemic Era’, Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), p. 25. doi: 10.32493/abmas.v2i1.p25-34.y2021.

Dewi, N. N. and Fittriya, N. L. (2021) ‘Pengabdian Kepada Masyarakat Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Kecil Menengah Di Desa Wonoayu Kabupaten Sidoarjo’, Jurnal Karya Abdi, 5(1), pp. 139–145. Available at: https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13843.

Siswanti, T. (2022) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pola Konsumsiterhadap Pengelolaan Keuangan Keluarga Masa Pandemi Covid 19 Warga Perumahan Bekasi Permai, Bekasi, Jawa Barat’, Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya, 7(1), pp. 44–61.

Sukirman, S. et al. (2019) ‘Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan)’, Jurnal Abdimas, 23(2), pp. 165–169.

Tho’in, M., Budiyono, B. and Ma’ruf, M. H. (2020) ‘Pendampingan Pengelolaan Manajemen Keuangan Perusahaan Bagi Manajemen PT. Budi Karya Maju’, Jurnal Budimas, 02(02), pp. 182–190.

Downloads

Published

2022-11-25