Pelatihan Skill Literasi Digital dalam Pengelolaan Data bagi Pelaku Usaha UMKM

Authors

  • Oding Herdiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuraly Masum Aprily Universitas Pendidikan Indonesia
  • Les Ping On Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1432

Keywords:

Goolge Bisnisku, Google Trends, Instagram

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis yang memanfaatkan internet tersebut. Pemanfaatan media elektronik dan internet tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan mencari informasi, tapi juga bisa menjadi platform baru bagi pelaku UMKM di Desa Santana Mekar Kabupaten Tasikmalaya sebagai sarana promosi dan tempat berjualan digital untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Walaupun banyak pelaku bisnis di Desa Santana Mekar yang sudah mengenal betul tentang internet dan media elektronik tetapi belum benar-benar memanfaatkannya sebagai sarana untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya. Kegiatan ini memberikan pelatihan skill literasi digital untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengaplikasikan profil dan pemasaran dengan media sosial instagram dan mempraktikannya bagaimana mengoptimalisasi platform tersebut, metode yang disampaikan ceramah, simulasi, diskusi dan praktik mandiri. Hasil dari pelatihan ini, peserta pelaku UMKM di Desa Santana Mekar Kabupaten Tasikmalaya sudah bisa membuat akun Google Bisnisku dan mengoptimalisasi media sosial Instagramnya dengan membuat beberapa konten bisnisnya.

References

Wibowo, R. A. (2015). Kesuksesan e-commerce (onlineShopping) melalui trust dan customer loyalty. Ekonomi Bisnis, 20(1), 8-15.

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307-311.

Jollyta, D., Ramdhan, W., & Zarlis, M. (2020). Konsep Data Mining Dan Penerapan. Deepublish.

Downloads

Published

2022-11-25