Pendampingan Peningkatan Pemasaran melalui Strategi Labeling Produk Pada Home Industry (Beppa Laiyya) di Desa Lamatti Riaja Kecamatan Bulupoddo

Authors

  • Harni Harni Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Nurjannah Nurjannah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1172

Keywords:

strategi pemasaran, label, home industry

Abstract

Strategi pemasaran adalah hal yang sangat krusial bagi perusahaan ataupun pelaku usaha yang menghasilkan produk, agar produk yang dihasilkan banyak diminati oleh konsumen maka pihak produsen harus pandai dalam menyikapi strategi pemasarannya. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan yaitu dengan labeling produk sebagai ciri khas produk tersebut, langkah awal yang dilakukan untuk meningkatkan pemasaran melalui labeling produk yakni adalah perencanaan dan persiapan selanjutnya yakni adalah mendesain label. Fenomena yang seringkali terjadi khususnya di pedesaan, masyarakat belum terlalu paham tentang pentingnya label sebuah produk sehingga tingkat pengetahuan konsumen terhadap usaha tersebut masih kurang salah satunya yakni pada home insdustry beppa laiya di Dusun Mangasa, Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo. Home industry di Dusun Mangasa belum memiliki brand produk sendiri sehingga masih banyak konsumen yang belum mengetahui keberadaan home industry  tersebut. Kegiatan pendampingan peningkatan pemasaran yang dilakukan pada home industry beppa laiyya di Desa Lamatti Riaja Kecamatan Bulopoddo, mampu mengenalkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat luas melalui label yang telah diadakan sebagai ciri khas produk. Dengan dikenalnya produk yang dihasilkan di masyarakat luas maka akan bertambah pula tingkat permintaan konsumen akan produk dari home industry tersebut.

References

Harsana, M., Harmayani, E., Widyaningsih, Y. A., & Yogyakarta, I. (2018). Potensi makanan tradisional kue kolombeng sebagai daya tarik wisata di daerah istimewa yogyakarta. HEJ (Home Economics Journal), 1(2), 40–47.

Herudiansyah, G. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84–89.

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling , Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Pendidikan IPS Ekonomi, 15–30.

Sudirman, H. N., & Hasanuddin, U. (2000). Kebudayaan dan Kesehatan pada Etnis Bugis di Kab . Bone ,. Simposium Internasional Antropologi Indonesia.

Sunarsih, L. (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu Di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Pendidikan Ekonomi, IX(2).

Utnasari, N. P. N. dan I. (2020). Pembinaan Dan Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Home Industri Masyarakat Tanjung Gundap. Abdimas Bina Bangsa, 01(02), 267–275.

Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Manajemen Dan Akuntansi, 2(3).

Downloads

Published

2022-11-25