Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Zahir Accounting Bagi Karyawan PT Idea Besar Komunika Jakarta

Authors

  • Reni Hariyani Akademi Sekretari Budi Luhur
  • Tio Prasetio
  • Martini Martini

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1155

Keywords:

Laporan Keuangan, Zahir Accounting, PT Idea Besar Komunika Jakarta

Abstract

Perangkat lunak akuntansi yang digunakan oleh perusahaan mengalami perkembangan pesat. Salah satunya adalah perangkat lunak Zahir Accounting. Zahir Accounting memiliki banyak fitur yang dapat membantu dalam proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah, cepat dan akurat. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan karyawan Finance & Accounting Division PT Idea Besar Komunika Jakarta dalam menyusun laporan keuangan menggunakan Zahir Accounting. Permasalahan bagi mitra yaitu kendala dalam menentukan umur piutang usaha klien dengan menggunakan perangkat lunak rakitan di perusahaan. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk dapat memberikan pembekalan dan pengetahuan mengenai Zahir Accounting mengenai penyusunan laporan keuangan dan menggunakan fitur umur piutang yang ada dalam aplikasi. Dengan metode yang diberikan dalam pelatihan ini yaitu memberikan ceramah dan metode praktikum dalam mengoperasikan Zahir Accounting untuk menyusun laporan keuangan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan terprogram ini yaitu meningkatnya pemahaman materi secara teori akuntansi mengenai perusahaan jasa (sebesar 52%), peningkatan pemahaman praktik penggunaan Zahir Accounting (sebesar 72%), meningkatnya kemampuan penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa (sebesar 47%), dan meningkatnya kemampuan dalam penyelesaian analisa umur piutang (sebesar 81%).

References

Andi. (2018). Penerapan Zahir Accounting Versi 5.1 Untuk Pengolahan Data Akuntansi Pada SMK Tridaya Jakarta. Perspektif, XVI(2).

Baridwan, Z. (2000). Perkembangan teori dan penelitian akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(4), 486–497.

Desmahary Y, K. H. (2016). Aplikasi Akuntansi Zahir Accounting Untuk Pengolahan Data Keuangan Pada PD. Nugraha Jakarta. Jurnal Online Insan Akuntan, 1(2).

Hutauruk, M. R. (2020). Pelatihan Akuntansi Entitas Dagang pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Aplikasi Zahir Accounting Versi 6. ABDIMAS Mahakam Journal, 4(2).

Lukmanul Hakim, D. F. (2021). Pelatihan Pencatatan dan Pelaporan Keuangan dengan Zahir Accounting Di Yayasan Raudhah Syarifah Kabupaten Purwakarta. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2).

Marlina, A. dan. (2018). Pengolahan Data Keuangan Dengan Aplikasi Akuntansi Zahir Accounting. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(1).

Zeinora, Z., & Septariani, D. (2020). Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Serta Kebermanfaatan Menggunakan Software Accurate, Myob, Zahir Accounting Dan Penerapannya Di Universitas Indraprasta PGRI. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 6(4), 341–353.

Downloads

Published

2022-05-10