Pelatihan Pemanfaatan Instagram Dan Facebook Untuk Meningkatkan Penyebaran Informasi Dan Penjualan Motor Roda Tiga Nozomi Di Solo Raya

Authors

  • Agus Kristianto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Heribertus Ary Setyadi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1133

Keywords:

pemasaran, motor roda tiga, nozomi, facebook, instagram

Abstract

Abstrak

Keberadaan motor roda tiga yang masuk dalam kategori kendaraan niaga sangat mendukung dunia bisnis sebagai alat transportasi yang memadai. Motor roda tiga menjadi alternatif pilihan bagi pebisnis sebab memiliki banyak keuntungan. Selain bisa memuat banyak, biaya perawatannya mudah, bahan bakar hemat, serta biaya administratif surat-suratnya cukup ringan, karena dikategorikan sebagai kendaraan roda dua pada umumnya. Nozomi hadir untuk memberi solusi akan kebutuhan sarana transportasi yang efisien dan efektif yang belum terpenuhi serta mendukung pengembangan ekonomi sektor riil, usaha UKM yang mendapat perhatian dan dukungan pemerintah serta perbankan. PT. Livian Makmur Sejahtera (LMS) merupakan salah satu dealer sekaligus distributor Nozomi untuk area Solo Raya (eks karesidenan). Di dunia perdagangan, jual beli online bukan lagi menjadi hal yang asing. Aplikasi Media sosial marketplace dan situs jual beli online bertebaran di internet pada tahun 2022 ini menandakan teknologi internet berkembang sangat pesat. Media sosial di Indonesia volumenya sangat besar, tumbuh dan aktif seiring dengan perkembangan Teknologi Internet. Bagi sebagian besar wirausaha memanfaatkan media sosial sebagai lapak promosi mereka. Menurut data dari lembaga survey We Are Social, January 2020 bahwa Facebook, Instagram, dan Twitter adalah platform media sosial yang digemari oleh masyarakat Indonesia dengan persentase 82 % : 79 % : 56 %

 Kata Kunci: pemasaran, motor roda tiga, nozomi, facebook, instagram

 

Abstract

The existence of tricycle which are included in the category of commercial vehicles really supports the business world as an adequate means of transportation. tricycle are an alternative choice for business people because they have many advantages. Besides to being able to load a lot, maintenance costs are easy, fuel efficient, and the administrative costs of the documents are quite light, because they are categorized as motorcycle in general. Nozomi is here to provide solutions to the unmet need for efficient and effective transportation facilities and to support economic development in the real sector, SME businesses that receive attention and support from the government and banks. PT. Livian Makmur Sejahtera (LMS) is one of Nozomi's dealers and distributors for the Solo Raya area (former residency). In the world of commerce, buying and selling online is ordinary thing. Marketplace social media applications and online buying and selling sites are scattered on the internet in 2022, indicating that internet technology is developing very rapidly. Social media in Indonesia is very large in volume, growing and active in line with the development of Internet technology. Most entrepreneurs use social media as their promotional stall. According to data from the survey agency We Are Social, January 2020 that Facebook, Instagram, and Twitter are the social media platforms favored by the Indonesian people with a percentage of 82%: 79%: 56%

 Keywords: marketing, tricycle, nozomi, facebook, instagram

References

Atmoko, Tri; Rahadi, Dedi Rianto. (2021). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan PT. Mandiri Agency Pada Masa Pademi Covid-19. Jurnal Dimensi, 10(1), 213-221. https://doi.org/10.33373/dms.v10i1.2766

Elwani, Resti Sri; Kurniawan, Firman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64-80. http://dx.doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654

Habiburrahman, Muhammad. . (2019). Pengaruh Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Roda Tiga Merek Nozomi pada Main Dealer CV. Sinar Abadi Jambi. Science of Management and Students Research Journal, 1(5), 169-174. https://sms.unbari.ac.id/index.php/SMS/article/view/21

Hartini, Sri; Putro, Fanny Hendro Aryo; Setiawan, Topan. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Modern. Digikom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(01). 33-37. https://www.ejournal.uby.ac.id/index.php/digikom/article/view/560

Indrawan, Danang Arbinanto; Budiarti, Anindhyta. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian APP KTM Roda Tiga. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(1), 1-17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/255/259

Juwanti; Octaviani, Venny Adhita. (2020). Analisis Perbandingan Pemasaran Kendaraan Roda Tiga Gajah 150 CC Dan Gajah 200 CC. Jurnal Fokus, 18(2), 270-275. https://doi.org/10.51826/fokus.v18i2.426

Kusuma, Diana Fitri; Sugandi, Mohamad Syahriar. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33. https://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/12963.

Kristianto, Agus; Setyadi, Heribertus Ary. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Instagram Dan Facebook Untuk Meningkatkan Penyebaran Infrmasi Dan Penjualan Motor Roda Tiga Nozomi Di Solo Raya.

Lontoh, Jurista K; Tumbel, Altje L.; Kawet, Raymond Ch. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA, 8(4), 11-20. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30435

Mastuti, I Gusti Ayu Manik; Haris, Iyus Akhmad; Sujana, I Nyoman. (2019). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputuan Pembelian Produk Sepeda Motor Merek Honda Pada Dealer PT. Mertha Buana Motor Di Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 448-453. http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21522

Nuriawati. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemasaran Dalam Bisnis Syariah. IZZI- Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 41-54. http://jurnal.stebibama.ac.id/index.php/izzi/article/viewfile/19/27

Purnomo, Sigit; Syah, Arman; Putranto, Agung Tri; Barsah, Akhmar; Tajuddien, Rahadyan. (2021). Kreatifitas Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Abdi Laksana, 2(3), 456-461. http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13497

Ropa, Jessica Agustina; Sondakh, Maria; Pasoreh, Yuriewaty. (2021). Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Oleh Ibu-Ibu Guna Meningkatkan Pendapatan. jurnal Acta Diurna Komunikasi, 3(4), 1-11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/36257

Yuliantari, Kartika; Hilawu, Suparman; Lestiowati, Riris; Lahat, Mohammad Amas. (2021). UMKM Go Online Upaya Lawan Covid-19 Kelompok Ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 45-50. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v1i1.328

Yuniarti, Puji; Indriyani, Furi; Suharini; Marthanti, Amas Sari. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha pada Karang Taruna Desa Sukaharja. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 88-95. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v1i2.655

Yuwono, Wijaya. (2019). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan X Di Kota Cirebon. Skripsi. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/9938/Cover%20-%20Bab1%20-%206115004sc-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Downloads

Published

2022-05-10